Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Israel mengatakan serangan Lebanon membunuh seorang komandan unit roket Hizbullah

 BEIRUT/YERUSALEM: Serangan udara tentara Israel di Lebanon menewaskan wakil kepala unit roket Hizbullah pada hari Jumat, kata militer, kekerasan lintas batas terbaru yang mematikan sejak perang Israel-Hamas meletus.

Serangan di Bazuriyeh Lebanon selatan menewaskan Ali Abdel Hassan Naim, “salah satu pemimpin penembakan roket hulu ledak berat dan bertanggung jawab melakukan dan merencanakan serangan terhadap warga sipil Israel,” kata militer Israel.

Hizbullah, sekutu kelompok militan Palestina Hamas, hampir setiap hari saling baku tembak dengan tentara Israel sejak Hamas melancarkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel selatan pada 7 Oktober yang memicu perang di Gaza.

Permusuhan tersebut telah meningkatkan kekhawatiran akan konflik besar-besaran antara Israel dan Hizbullah, yang terlibat dalam perang yang menghancurkan pada tahun 2006.

Kantor Berita Nasional (NNA) yang dikelola pemerintah Lebanon mengatakan “serangan drone musuh menargetkan sebuah mobil” di Bazuriyeh di distrik Tire di Lebanon selatan, melaporkan sedikitnya satu orang tewas.

Sumber keamanan militer, yang meminta tidak disebutkan namanya karena mereka tidak berwenang untuk berbicara kepada media, mengatakan orang yang dibunuh adalah “pejabat Hizbullah.”

Hizbullah tidak segera mengomentari serangan tersebut, namun mengumumkan bahwa mereka telah melakukan serangan terhadap posisi Israel pada hari Jumat.

Seorang koresponden AFP melaporkan kendaraan yang menjadi sasaran hancur dan puing-puing berserakan di dekatnya, dan mengatakan pihak berwenang telah menutup daerah tersebut.

Kelompok yang didukung Iran mengatakan mereka bertindak untuk mendukung Hamas dengan serangannya. Israel telah menargetkan pejabat Hizbullah dan Hamas di Lebanon sebagai tanggapannya.

Beberapa hari terakhir terjadi peningkatan permusuhan yang mematikan, dan Gedung Putih pada hari Kamis meminta Israel dan Lebanon untuk memberikan prioritas utama dalam memulihkan ketenangan.

PBB mengatakan pekan ini pihaknya “sangat terganggu” dengan serangan terhadap fasilitas layanan kesehatan, setelah beberapa serangan yang dituduhkan dilakukan oleh Israel menewaskan petugas penyelamat di Lebanon selatan.

Tembakan lintas batas sejak Oktober telah menewaskan sedikitnya 347 orang di Lebanon, sebagian besar adalah pejuang Hizbullah, namun juga termasuk sedikitnya 68 warga sipil, menurut perhitungan AFP.

Pertempuran tersebut telah membuat puluhan ribu orang mengungsi di Lebanon selatan dan Israel utara, di mana menurut militer 10 tentara dan delapan warga sipil tewas. [ARN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved