Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

China Naikan Anggaran Perang Rp3.600 Triliun, Siap Perang Lawan Taiwan?

 

Pemerintah China menaikkan belanja pertahanan sebesar 7,2% menjadi hingga 1,67 yuan sekitar Rp3,656 triliun pada tahun 2024 ini.

Diketahui, hal tersebut terjadi saat China masih terus mencoba untuk mengklaim Taiwan sebagai bagian integral dari wilayah kedaulatnnya.

Peningkatan tersebut lantas menjadikan China sebagai nomor urut dua setelah Amerika Serikat di dunia dalam hal anggaran militer.

Meski begitu, beberapa perkiraan tidak resmi menujukkan skala pengeluaran negara tersebut mungkin lebih besar daripada yang mereka klaim secara resmi.

Ekspansi anggaran militer China pada tahun ini meningkat 7,2% dibanding tahun lalu dan 7,1% dibandingkan tahun 2022.

Peningkatan ini juga terjadi saat negara yang dipimpin Xi Jinping itu mengatakan akan terus melawan plot kemerdekaan Taiwan yang disebut sebagai keniscayaan sejarah.

"Kami berjanji untuk dengan tegas menentang kegiatan separatis yang bertujuan untuk kemerdekaan Taiwan dan campur tangan eksternal," ujar laporan pemerintahan, dikutip Jumat (8/3/2024).

Tidak hanya dengan Taiwan, China juga bersitegang dengan Filipina di Laut China Selatan (LCS).

Pada Selasa pekan ini, Filipina menuduh penjaga pantai China melakukan manuver berbahaya yang menyebabkan tabrakan antara kapal Beijing dan salah satu kapalnya dalam perjalanan ke Second Thomas Shoal di peraira tersebut.

Hal itu lantas bukan menjadi pertama kalinya bagi kapal China yang bentrok dengan kapal Filipina.

Sebelumnya, beberapa insiden yang melibatkan kedunya sering terjadi di wilayah Kepulauan Spratly.

China sendiri bersikukuh atas klaim 90% dari lautan itu dalam apa yang disebutnya sebagai sembilan garis putus-putus yang mencakup area seluas sekitar 3,5 juta kilometer persegi.

Bahkan, China juga dilaporkan telah membangun kota seluas 800 ribu mil persegi di Kepualuan Paracel bernama Shansa.

Pengadilan Arbitrase di Den Haag pada 2016 memutuskan bahwa klaim China atas sebagai besar Lcs tidak memiliki dasar hukum internasional yang keputusannya ditolak negara tersebut.

China lantas tersinggung dengan latihan dan patroli gabungan yang dilakukan AS dan kekuatan angkatan Barat lainnya dengan berbagai negara Asia di perairan internasional yang diklaim negara itu sebagai miliknya.

Sumber Berita / Artikel Asli :Akurat

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved