Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Badan PBB untuk Palestina mengatakan pengiriman bantuan ke Gaza Utara dilarang

Jalur Gaza: Badan PBB untuk pengungsi Palestina mengatakan bahwa Israel secara tegas melarang mereka memberikan bantuan di Gaza utara, di mana ancaman kelaparan paling tinggi.

“Meskipun tragedi ini terjadi di bawah pengawasan kami, Pemerintah Israel memberi tahu PBB bahwa mereka tidak akan lagi menyetujui konvoi makanan @UNRWA ke utara,” Philippe Lazzarini, kepala badan tersebut, mengatakan pada hari Minggu di X. “

Ini keterlaluan & menjadikannya sengaja untuk menghalangi bantuan penyelamatan nyawa selama bencana kelaparan yang disebabkan oleh manusia.”

Israel membalas dengan mengatakan pada hari Senin bahwa UNRWA “telah lama mengabaikan perannya dalam memfasilitasi bantuan ke Gaza utara. Sementara kami telah bekerja sama dengan organisasi bantuan dan badan-badan PBB lainnya untuk memfasilitasi bantuan dalam jumlah besar ke wilayah utara.”

COGAT, badan kementerian pertahanan Israel yang bertanggung jawab atas urusan sipil Palestina, mengatakan Israel “berusaha keras untuk memfasilitasi bantuan ke Gaza utara, termasuk dengan membuka penyeberangan baru di Gaza utara.”

Direktur Komunikasi UNRWA Juliette Touma mengatakan kepada AFP bahwa keputusan untuk tidak menyetujui pengiriman ke wilayah utara telah disampaikan dalam pertemuan dengan para pejabat militer Israel pada hari Minggu.

Hal ini menyusul dua penolakan tertulis atas pengiriman konvoi ke wilayah utara pada pekan lalu. Tidak ada alasan yang diberikan atas keputusan tersebut, kata Touma.

Gaza menghadapi kondisi kemanusiaan yang mengerikan akibat perang Israel melawan Hamas yang dimulai hampir enam bulan lalu, yang dipicu oleh serangan Hamas yang belum pernah terjadi sebelumnya di Israel selatan pada tanggal 7 Oktober.

Pekan lalu, penilaian keamanan pangan yang didukung PBB memperingatkan bahwa kelaparan diperkirakan akan melanda wilayah utara. Gaza pada bulan Mei kecuali ada intervensi mendesak.

UNRWA belum bisa mengirimkan makanan ke wilayah utara sejak 29 Januari, kata Touma.

“Keputusan terbaru ini merupakan sebuah tantangan baru” bagi upaya untuk mendapatkan bantuan yang sangat dibutuhkan bagi warga Gaza yang terguncang akibat perang, kata Touma.

Martin Griffiths, kepala kantor koordinasi kemanusiaan PBB, mengatakan pada hari Minggu bahwa UNRWA “adalah jantung dari respons kemanusiaan di Gaza.”

“Keputusan untuk memblokir konvoi makanan ke utara hanya membuat ribuan orang semakin dekat dengan kelaparan. Harus dicabut,” imbuhnya.

Tedros Adhanom Ghebreyesus, kepala Organisasi Kesehatan Dunia, mengatakan pada X bahwa memblokir pengiriman bantuan UNRWA “pada kenyataannya menyangkal kemampuan orang-orang yang kelaparan untuk bertahan hidup.”

Sebelumnya pada hari Minggu, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mendesak diakhirinya “mimpi buruk tanpa henti” yang dialami oleh 2,4 juta penduduk Gaza dalam perang terburuk yang pernah terjadi di wilayah tersebut.

Israel menuduh anggota staf UNRWA berpartisipasi dalam serangan 7 Oktober dan menyebut badan tersebut sebagai “front untuk Hamas.”

Touma mengatakan pihak berwenang Israel pada hari Minggu juga menolak permintaan PBB untuk mengirim tim ke rumah sakit Al-Shifa di Gaza utara, di mana pertempuran telah berkobar selama hampir seminggu, “untuk mengevakuasi orang-orang yang terluka.”

Serangan tanggal 7 Oktober tersebut mengakibatkan kematian sekitar 1.160 orang, sebagian besar warga sipil, menurut penghitungan AFP atas angka-angka Israel.

Kampanye militer Israel untuk melenyapkan Hamas telah menewaskan sedikitnya 32.226 orang, sebagian besar perempuan dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan di wilayah yang dikuasai Hamas. [ARN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved