Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Video: Luhut Sebut Tak Perlu BTS Karena Ada Starlink, Operator Kecewa!

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Base Transceiver Station (BTS) tak dibutuhkan lagi untuk akses internet seiring dengan masuknya layanan internet berbasis satelit Starlink.

Luhut juga menilai Starlink unggul oleh Luhut karena terkait biaya telekomunikasi rendah, serta akses masyarakat untuk layanan pendidikan di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar).

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Komunikasi & Informasi, Firlie H Ganinduto mengatakan Kadin Sebagai Induk organisasi dunia usaha, termasuk menaungi Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyebutkan masuknya Starlink memberi dampak positif dan negatif. Hal ini terkait manfaatnya bagi percepatan akses internet dan ekonomi digital hingga efeknya ke pelaku usaha.

Sementara Ketua Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (APJATEL),Jerry Mangasas Swandy mengatakan APJATEL melihat penggunaan Starlink dalam kaitan B2B direct to device masih banyak loopholes/celah hukum terkait regulasi penggunaan frekuensi sehingga akan sulit melakukan block terhadap teknologi satelit.

APJATEL juga menyayangkan pernyataan Menko Luhut yang menyebutkan BTS tidak diperlukan lagi seharusnya masuknya Starlink justru jadi pelengkap dari layanan internet menara BTS. Selain itu peran sektor swasta dan pemerintah dalam mendorong pemertaan internet di Indonesia sudah berjalan baik, sehingga jika pernyataan ini tidak diperjelas bisa merusak ekosistem yang ada.

APJATEl juga menyampaikan permintaan kepada Presiden Jokowi untuk penghentian sementara operasional Starlink untuk memperjelas regulasi dan dampak ekonominya.

Seperti apa pelaku usaha menanggapi pernyataan Menko Luhut terkait sudah tidak pentingnya BTS saat Starlink masuk RI? Selengkapnya simak dialog Bramudya Prabowo dengan Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Komunikasi & Informasi, Firlie H Ganinduto dan Director Operation PT Uninet Media Sakti & Ketua Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (APJATEL),Jerry Mangasas Swandy dalam Profit, CNBC Indonesia (Jum'at, 07/06/2024)

Sumber Berita / Artikel Asli : CNBC Indonesia

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved