Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

NasDem Ungkap Sikap Surya Paloh soal Isu Presiden Kembali Dipilih MPR

Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengungkap sikap Ketum Surya Paloh soal wacana pemilihan presiden kembali melalui MPR lewat amendemen UUD 1945.

Ia menyebut Surya dan NasDem mewanti-wanti agar tak bermain-main dengan hal yang fundamental dalam sistem kenegaraan tersebut.

"Kami sudah riset kemarin, fraksi MPR kemarin baru dipresentasikan ke Pak Surya. Pak Surya bilang 'Lanjutkan ini saja, jangan berhenti di sini'. Jadi, NasDem benar-benar hati-hati, bahkan mempelopori, jangan main-main untuk hal ini. Pak Surya pesannya itu," ujar Willy di NasDem Tower, Jakarta, Kamis (6/6).

Willy menegaskan wacana amendemen konstitusi ini haruslah disikapi secara objektif belajar dari empat kali amendemen pada 1999-2002.

"Ya jangan muka buruk lalu kaca atau cermin dibelah, ini kan kritik empirical processes ini, ini jebakan batman. Kita harus belajar secara obyektif, bagaimana amandemen empat kali itu karena ekstremitas berpikir yang empirik," kata Willy.

Willy menyampaikan kini NasDem tengah melakukan riset perihal isu ini. Ia menekankan pentingnya dialog dalam menghadapinya.

Menurutnya, demokrasi memang bukanlah sistem yang sempurna. Namun bukan berarti harus mengganti sistem jika pada praktiknya demokrasi mengandung brutalitas dan banalitas.

"Ini kan dulu yang kita tolak ini kan rame-rame dengan spiritnya demokratik," ujarnya.

Wacana amendemen UUD belakangan dihembuskan oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo. Salah satu poin yang disinggung ialah mengembalikan kewenangan MPR untuk memilih presiden.

Bamsoet menyebut MPR siap untuk mengamendemen UUD 1945. Ia mengatakan partai politik pun telah sepakat akan itu.

Ia mengatakan bakal memberikan rekomendasi ke MPR periode selanjutnya untuk mengamendemen UUD 1945.

"Kita ingin menegaskan kalau seluruh parpol setuju untuk melakukan amandemen penyempurnaan daripada UUD 1945 yang ada, termasuk penataan kembali sistem politik dan sistem demokrasi kita," kata Bamsoet usai bertemu dengan mantan Ketua MPR RI periode 1999-2004 Amien Rais di kompleks parlemen, Jakarta, Rabu (5/6).

Sumber Berita / Artikel Asli: CNN Indonesia

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved