Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

[BREAKING NEWS] Pepe Escobar: Tiga Pesan Utama Dari St. Petersburg kepada Mayoritas Global

 Pada tahun kepresidenan BRICS di Rusia, Forum Ekonomi Internasional St. Petersburg (SPIEF) harus menyampaikan sesuatu yang istimewa.

Dan hal ini berhasil diwujudkan: lebih dari 21.000 orang yang mewakili tidak kurang dari 139 negara – sebuah mikrokosmos sejati dari Mayoritas Global, membahas setiap aspek dari upaya menuju dunia multipolar, multinodal (cetak miring milik saya), dan polisentris.

Petersburg, di luar semua jaringan dan pembuatan kesepakatan yang heboh – senilai $78 miliar yang dicapai hanya dalam tiga hari – menghasilkan tiga pesan utama yang saling terkait dan sudah bergema di seluruh Mayoritas Global.


 Pesan Nomor Satu:

Presiden Putin, seorang “orang Rusia Eropa” dan putra sejati dari keajaiban sejarah Neva yang mempesona dan dinamis ini, menyampaikan pidato satu jam yang sangat rinci mengenai perekonomian Rusia pada sesi pleno forum tersebut.

Kesimpulan utamanya: ketika negara-negara Barat melancarkan perang ekonomi total melawan Rusia, negara peradaban tersebut membalikkan keadaan dan memposisikan dirinya sebagai negara dengan perekonomian terbesar ke-4 di dunia berdasarkan paritas daya beli (PPP).

Putin menunjukkan bagaimana Rusia masih memiliki potensi untuk meluncurkan tidak kurang dari sembilan perubahan struktural besar – global, yang merupakan upaya menyeluruh yang melibatkan lingkup federal, regional, dan kota.

Semuanya ikut berperan – mulai dari perdagangan global dan pasar tenaga kerja hingga platform digital, teknologi modern, penguatan usaha kecil dan menengah, serta eksplorasi potensi fenomenal dan belum dimanfaatkan di kawasan Rusia.

Hal yang menjadi sangat jelas adalah bagaimana Rusia berhasil mengubah posisinya, tidak hanya menghindari sanksi tsunami – yang tidak sah – namun juga membangun sistem yang solid dan terdiversifikasi yang berorientasi pada perdagangan global – dan sepenuhnya terkait dengan perluasan BRICS . Negara-negara yang bersahabat dengan Rusia sudah menyumbang tiga perempat dari omset perdagangan Moskow.

Penekanan Putin pada percepatan upaya Mayoritas Global untuk memperkuat kedaulatan secara langsung terkait dengan upaya kolektif Barat untuk melakukan yang terbaik – bahkan yang terburuk – untuk melemahkan kepercayaan terhadap infrastruktur pembayaran mereka sendiri.

Dan itu membawa kita ke…

Glazyev dan Dilma mengguncang perahu.

Pesan Nomor Dua:

Ini bisa dibilang merupakan terobosan besar di Sankt Peterburg. Putin menyatakan bagaimana BRICS bekerja pada infrastruktur pembayaran mereka sendiri , independen dari tekanan/sanksi kolektif Barat.

Putin mengadakan pertemuan khusus dengan Dilma Rousseff , presiden BRICS New Development Bank (NDB). Mereka memang berbicara secara rinci tentang perkembangan bank tersebut – dan yang terpenting, seperti yang kemudian dikonfirmasi oleh Rousseff, tentang The Unit, yang ciri-cirinya pertama kali diungkapkan secara eksklusif oleh Sputnik : suatu bentuk pembayaran lintas negara yang apolitis dan transaksional, yang ditopang oleh emas (40 %) dan mata uang BRICS+ (60%).

Sehari setelah bertemu Putin, Presiden Dilma mengadakan pertemuan yang lebih penting pada pukul 10 pagi di ruang pribadi di SPIEF dengan Sergey Glazyev, Menteri Ekonomi Makro di Uni Ekonomi Eurasia (EAEU) dan anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia.

Glazyev, yang sebelumnya memberikan dukungan akademis penuh terhadap konsep Unit tersebut, menjelaskan semua rinciannya kepada Presiden Dilma. Mereka berdua sangat senang dengan pertemuan itu. Rousseff yang berseri-seri mengungkapkan bahwa dia telah mendiskusikan The Unit dengan Putin. Disepakati akan ada konferensi khusus di NDB di Shanghai mengenai The Unit pada bulan September.

Ini berarti sistem pembayaran baru ini mempunyai peluang untuk dibahas pada pertemuan puncak BRICS pada bulan Oktober di Kazan, dan diadopsi oleh BRICS 10 saat ini dan BRICS+ yang diperluas dalam waktu dekat .

Sekarang untuk…

Pesan Nomor Tiga:

Tentu saja, hal ini harus berkaitan dengan BRICS – yang mana semua orang, termasuk Putin, menekankan bahwa BRICS akan diperluas secara signifikan. Kualitas sesi terkait BRICS di St. Petersburg menunjukkan bagaimana Mayoritas Global kini menghadapi titik sejarah yang unik – dengan kemungkinan nyata untuk pertama kalinya dalam 250 tahun terakhir melakukan upaya sekuat tenaga demi perubahan struktural di dunia. -sistem.

Dan ini bukan hanya tentang BRICS .

Petersburg telah dikonfirmasi bahwa tidak kurang dari 59 negara – dan terus bertambah – berencana untuk bergabung tidak hanya dengan BRICS tetapi juga dengan Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) dan Uni Ekonomi Eurasia (EAEU).

Tidak mengherankan: organisasi-organisasi multilateral ini kini akhirnya menempatkan diri mereka di garis depan dalam upaya menuju multimodal (cetak miring dari saya) – dan mengutip Putin dalam pidatonya – “dunia multipolar yang harmonis”.

Sesi Teratas untuk Referensi Lebih Lanjut

Semua hal di atas dapat diikuti secara langsung selama dua setengah hari sesi forum. Ini adalah contoh dari apa yang bisa dibilang paling menarik. Siaran-siaran ini akan sangat membantu sebagai referensi di masa depan – hingga KTT BRICS pada bulan Oktober, dan seterusnya.

Di Rute Laut Utara (NSR) dan perluasan Arktik. Motto terbaik sesi ini: “Kita membutuhkan pemecah kebekuan!” Diskusi penting untuk memahami bagaimana rantai pasokan perdagangan global saat ini tidak lagi dapat diandalkan dan bagaimana NSR lebih cepat, lebih murah, dan dapat diandalkan.

Tentang ekspansi bisnis BRICS .

Tentang tujuan BRICS untuk mewujudkan tatanan dunia baru yang sesungguhnya.

Pada 10 tahun EAEU .

Tentang integrasi yang lebih erat antara EAEU dan ASEAN .

Meja bundar BRICS+ di Koridor Transportasi Internasional Utara Selatan (INSTC).

Sesi ini sangat penting. Aktor utama INSTC adalah Rusia, Iran dan India – semuanya anggota BRICS. Aktor-aktor marginal yang mendapat keuntungan dari INSTC – mulai dari Kaukasus hingga Asia Tengah dan Selatan – sudah tertarik untuk menjadi bagian dari BRICS+. Igor Levitin, penasihat utama Putin, adalah tokoh kunci dalam sesi ini.

Kemitraan Eurasia Raya (GEP) .

Ini merupakan diskusi penting mengenai apa yang sebenarnya merupakan proyek peradaban – berbeda dengan pendekatan eksklusivitas kolektif Barat. Diskusi ini menunjukkan bagaimana GEP terhubung dengan SCO, EAEU dan ASEAN dan menekankan saling melengkapi dalam struktur transportasi, logistik, energi dan pembayaran di seluruh Eurasia. Glazyev, Wakil Perdana Menteri Alexei Overchuk dan mantan Menteri Luar Negeri Austria Karin Kneissl – yang selalu sangat tajam – adalah peserta utama. Bonus ekstra – menakjubkan –: Adul Umari, penjabat Menteri Tenaga Kerja di Taliban Afghanistan, berinteraksi dengan mitranya di Eurasia.

Tentang filosofi multipolaritas .

Secara konseptual, sesi ini berinteraksi dengan sesi GEP. Laporan ini menawarkan perspektif dialog antar-peradaban yang ringkas di bawah kerangka BRICs+. Alexander Dugin, Maria Zakharova yang tak tertahankan, dan Profesor Zhang Weiwei dari Universitas Fudan termasuk di antara para peserta.

Tentang Polisentrisitas . Hal ini melibatkan semua lembaga Mayoritas Global: BRICS, SCO, EAEU, CIS, CSTO, CICA, Uni Afrika, dan Gerakan Non-Blok (GNB) yang diperbarui. Glazyev, Maria Zakharova, Senator Pushkov dan Alexei Maslov – direktur Institut Studi Asia dan Afrika di Universitas Negeri Moskow – mendiskusikan bagaimana membangun sistem polisentris dalam hubungan internasional.

Saat Proyek Ukraina Menghadapi Kehancuran…

Pada akhirnya, tidak dapat dihindari untuk membandingkan suasana hati – yang penuh harapan dan keberuntungan – di SPIEF dengan histeris kolektif Barat ketika Proyek Ukraina menghadapi kehancuran. Putin menegaskan dengan jelas : Rusia akan menang, apa pun yang terjadi. Kolektif Barat mungkin menghidupkan kembali “solusi Istanbul”, seperti yang dikatakan Putin, namun memodifikasinya “berdasarkan realitas baru” di medan perang.

Putin juga dengan cekatan meredakan semua paranoia nuklir yang dibuat-buat dan tidak masuk akal yang merasuki kalangan Atlantikis.

Namun, itu tidak akan cukup. Di koridor-koridor yang penuh sesak di SPIEF, dan dalam pertemuan-pertemuan informal, terdapat kesadaran penuh mengenai keputusasaan Hegemon yang dipicu oleh penghasutan perang yang disamarkan sebagai "pertahanan". Tidak ada ilusi bahwa demensia yang saat ini menyamar sebagai “kebijakan luar negeri” adalah sebuah genosida yang tidak hanya demi kepentingan “kapal induk” di Asia Barat tetapi juga untuk membuat mayoritas global tunduk.


Hal ini akan meningkatkan kemungkinan serius bahwa Mayoritas Dunia perlu membangun aliansi militer untuk mencegah Perang Global yang – direncanakan – ini.

Tentu saja Rusia-Tiongkok, ditambah Iran dan upaya pencegahan Arab yang kredibel – dengan Yaman yang menunjukkan jalannya: semua itu mungkin menjadi suatu keharusan. Aliansi militer Mayoritas Global harus hadir dengan satu atau lain cara: baik sebelum bencana – yang akan terjadi, yang direncanakan –, untuk melakukan mitigasi; atau setelah negara ini benar-benar melanda Asia Barat ke dalam perang yang mengerikan dan kejam.

Sayangnya, kita mungkin hampir sampai. Namun setidaknya Sankt Peterburg menawarkan secercah harapan. Putin: “Rusia akan menjadi jantung dunia harmonis multipolar.” Nah, begitulah cara Anda meraih pidato satu jam.

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved