Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Bongkar Daftar Infrastruktur Terbesar di Kalimantan, dari IKN hingga Pos PLBN Entikong



Ibu Kota Nusantara (IKN) merupakan salah satu mega proyek di Indonesia yang masih terus dikebut pembangunannya hingga saat ini.

IKN yang dibangun di wilayah Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) ini menjadi salah satu daftar infrastruktur terbesar di Kalimantan, bahkan di Indonesia.

Adapun rencana total Anggaran IKN sebesar Rp 466 triliun dengan tiga indikasi pendanaan yang berasal dari APBN (Rp 90,4 triliun), Badan Usaha/Swasta (Rp 123,2 triliun), dan KPBU (Rp 252,5 triliun).

Sementara pada akhir Maret 2024 lalu, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut pemerintah telah mengalokasikan anggaran Rp 71,8 triliun untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) periode 2022-2024.

Menurut Sri Mulyani, anggaran tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Adapun, alokasi APBN 2024 untuk IKN mencapai Rp 39,3 triliun.

Sementara realisasi anggaran IKN sejak awal tahun ini sampai Juni 2024 sudah mencapai Rp 4,8 triliun, setara 12,1% dari total alokasi APBN 2024.

Sri Mulyani menyampaikan, realisasi tersebut digunakan untuk klaster infrastruktur dan non-infrastruktur.

Dalam klaster infrastruktur, realisasi anggaran IKN sebesar Rp 400 miliar dari total pagu Rp 36,4 triliun.

Sementara dana tersebut digunakan untuk pembangunan gedung di kawasan istana negara, kawasan kementerian koordinator dan kementerian lain, serta gedung Otorita IKN.

Lantas selain IKN, apa saja daftar infrastruktur terbesar di Kalimantan? Berikut penjelasannya:

Pelabuhan Kijing, Mempawah, Kalimantan Barat. (Antara/Dedi)

1. Pelabuhan Kijing

Terletak di Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar), pelabuhan ini memiliki terminal terpanjang di Indonesia dan membutuhkan biaya Rp 5 triliun untuk tahap pertama.

Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Tapin yang berada di Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis, 18 Februari 2021 / [Sekretariat Presiden]Lihat gambar di aplikasi hemat data hingga 80%.

Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Tapin yang berada di Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis, 18 Februari 2021 / [Sekretariat Presiden]

2. Bendungan Tapin

Berlokasi di Desa Pipitak Jaya, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, bendungan ini menelan biaya Rp 986,5 miliar dan selesai akhir 2020.

3. Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Jagoi Babang

Terletak di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, pos perbatasan ini menghabiskan dana Rp 191 miliar dan diharapkan selesai pada Juli 2024.

4. Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong

Berlokasi di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, pos ini selesai renovasi pada tahun 2015-2016 dengan biaya Rp 420 miliar.

Sumber Berita / Artikel Asli : suara

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved