Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Viral Polisi Militer Kawal Warga Sipil Bermobil Alphard, Emang Boleh?

 

Sebuah video yang memperlihatkan petugas Polisi Militer (PM) Angkatan Darat memberikan pengawalan kepada warga sipil viral di media sosial. 

Dalam video yang diunggah akun X @Al_Kauther01 pada 23 April 2024 lalu, terlihat iring-iringan mobil mewah dikawal mobil dinas PM AD.

Mobil dinas PM AD ini berada di barisan terdepan sambil membunyikan rotator. Di belakangnya, tampak mobil Toyota Aplhard dan beberapa mobil mewah lain.

Iring-iringan mobil ini lalu berhenti di depan sebuah rumah. Dari dalam mobil Alphard, turun seorang warga sipil keturunan Tionghoa.

Sementara seorang anggota PM AD pun tampak sigap berdiri di samping pintu tempat pria tersebut turun. Pria ini lalu masuk ke dalam sebuah rumah yang disambut beberapa kerabatnya. 


Mereka tampak akrab bersalaman satu sama lain. Diketahui peristiwa ini terjadi di daerah Bagan Siapi-api, Provinsi Riau. 

Video ini mendapat sorotan netizen sebab ada kejanggalan di mana anggota PM melakukan pengawalan terhadap rombongan sipil. Menurut para netizen, seharusnya anggota PM mengawal pejabat militer bukan orang sipil. 

Sejumlah netizen lalu menandai akun Puspen TNI meminta penjelasan mengenai pengawalan yang dilakukan anggota PM tersebut. 

"biasanya klo liat di jalan2, klo sampe ada mobil PM nya yg sekelas pajero atau fortuner kebanyakan ngawal minimal bintang 1, tapi kok yg di kawal ga ada yg pake pakaian dinas ya," ujar seorang netizen. 

"Dikawal PM tapi yg nerima tamu nya, celana pendekan….Marwah kamu dimana @Puspen_TNI," kata netizen lain.

"hallo @Puspen_TNI @puspom_tni_ad @Pen_Puspomad TNI bersama RAKYAT , Rakyat mana?" tanya netizen berbeda.

Hingga kini belum ada penjelasan resmi dari pihak TNI mengenai video tersebut. Namun dikutip dari lama resmi Puspomad, pengawalan Polisi Militer TNI Angkatan Darat terdiri dari:

1. Pengawalan Protokoler Kenegaraan/VVIP adalah suatu kegiatan Preventif yang dilakukan oleh Polisi Militer TNI Angkatan Darat yang memiliki spesialisasipengawalan untuk menjaga keamanan, serta keselamatan atas jiwa dan harta benda Presiden RI, Wakil Presiden RI beserta keluarganya dan tamu Negara setingkat Kepala Negara/Pemerintahan serta mantan Presiden/Wakil Presiden dan Isteri/suami, dilakukan secara protokoler; dan 

2. Pengawalan Bermotor. Pengawalan bermotor adalah suatu kegiatan preventif yang dilakukan oleh seorang atau lebih yang memiliki spesialisasi pengawalan untuk menjaga keamanan, serta keselamatan atas jiwa dan harta benda dari satu tempat ke tempat lain menggunakan sarana kendaraan bermotor.

Kegiatan Pengawalan bermotor dapat dilaksanakan di :

a. Daerah damai: 

1. Pengawalan bermotor terhadap Pejabat TNI/ Vip TNI 

2. Pengawalan bermotor terhadap pergeseran prajurit/pasukan TNI dan materiel/Logistik TNI 

3. Pengawalan bermotor terhadap Tahanan Militer 

4. Pengawalan bermotor terhadap Jenazah Prajurit/Purnawirawan TNI. 

5. Pengawalan bermotor yang dilaksankan atas permintaan atau situasi khusus.

Sumber Berita / Artikel Asli : Suara

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved