Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

PBB mendesak Israel untuk mengizinkan bantuan ke Gaza melalui pelabuhan

 ROMA: Badan pangan PBB pada Kamis mengatakan pihaknya menekan Israel untuk mengizinkannya menggunakan pelabuhan Ashdod di utara Gaza agar lebih mudah menjangkau warga Palestina yang kelaparan.

“Kami memiliki beberapa permintaan dengan Israel,” kata Wakil Direktur Eksekutif Program Pangan Dunia (WFP) Carl Skau kepada AFP di Roma, setelah upaya terakhirnya yang gagal untuk mengirimkan makanan ke Gaza utara.

“Kami ingin menggunakan pelabuhan Ashdod, yang akan jauh lebih efisien dibandingkan melalui Yordania atau bahkan Mesir,” kata Skau.

Sejak dimulainya perang antara Israel dan Hamas, Gaza telah terjerumus ke dalam krisis pangan, dan bantuan dari luar sangat dibatasi.

PBB memperkirakan 2,2 juta orang – sebagian besar penduduk Gaza – berada di ambang kelaparan, khususnya di wilayah utara.

“Ada situasi kelaparan yang sangat parah. Masyarakat putus asa dan ketegangan meningkat. Dan terjadi gangguan total terhadap ketertiban sipil,” kata Skau.

“Untuk mencegah kelaparan, kita membutuhkan bantuan dalam jumlah besar. Kita berbicara tentang ratusan ribu orang. Airdrops bukanlah pilihan untuk menghindari kelaparan,” tambahnya.

Pasukan Israel sebelumnya memblokir bantuan PBB di Pelabuhan Ashdod, sekitar 30 kilometer (19 mil) utara Gaza.

“Kami ingin mengirim lebih banyak barang melewati perbatasan ke Gaza. Kami sekarang menggunakan Kerem Shalom (penyeberangan perbatasan), tapi kami juga ingin ada penyeberangan langsung ke utara,” kata Skau.

Konvoi bantuan terakhir WFP ditolak oleh pasukan Israel di sebuah pos pemeriksaan di Gaza utara, setelah itu dijarah oleh “orang-orang yang putus asa,” kata badan tersebut pada hari Selasa.

Ini adalah upaya konvoi pertama sejak badan tersebut menghentikan pengiriman ke utara Gaza pada tanggal 20 Februari, setelah konvoi truknya menghadapi tembakan dan penjarahan. [AN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved