Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Pejabat tinggi UE: Kapal berangkat ke Gaza sebagai koridor kesejahteraan baru

 NICOSIA, Siprus: Seorang pejabat tinggi Uni Eropa berada di Siprus pada hari Jumat untuk memeriksa persiapan pengiriman bantuan yang sangat dibutuhkan ke Gaza yang dilanda perang melalui laut, hanya beberapa jam setelah Presiden Joe Biden mengumumkan bahwa militer AS akan mendirikan pelabuhan sementara di lepas pantai Mediterania Gaza. pantai untuk mendukung pengiriman.

Upaya untuk meningkatkan pengiriman bantuan secara signifikan menandakan semakin besarnya rasa frustrasi terhadap perilaku Israel dalam perang di Amerika Serikat dan Eropa.

Pengumuman Biden mengenai rencana pelabuhan laut menggarisbawahi bagaimana Amerika Serikat harus berkeliling ke Israel, sekutu utamanya di Timur Tengah dan penerima bantuan militer AS, untuk mengirimkan bantuan ke Gaza, termasuk melalui pengiriman udara yang dimulai pekan lalu. Israel menuduh Hamas mengambil alih sejumlah pengiriman bantuan.

Upaya untuk menyiapkan jalur laut untuk pengiriman bantuan dilakukan di tengah meningkatnya kekhawatiran atas meluasnya kelaparan di antara 2,3 juta penduduk Gaza. Kelaparan paling parah terjadi di Gaza utara, yang telah diisolasi oleh pasukan Israel selama berbulan-bulan dan mengalami penghentian pengiriman pasokan makanan dalam waktu lama.

Setelah berbulan-bulan mendapat peringatan mengenai risiko kelaparan di Gaza akibat pemboman, serangan dan pengepungan Israel, para dokter rumah sakit telah melaporkan 20 kematian terkait kekurangan gizi di dua rumah sakit di bagian utara Gaza.

Saat menegaskan kembali dukungannya terhadap Israel, Biden menggunakan pidato kenegaraannya untuk menegaskan kembali tuntutan agar Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengizinkan lebih banyak bantuan ke Gaza.

“Kepada para pemimpin Israel, saya mengatakan ini: Bantuan kemanusiaan tidak bisa menjadi pertimbangan sekunder atau alat tawar-menawar,” kata Biden di hadapan Kongres. Ia juga mengulangi seruan agar Israel berbuat lebih banyak untuk melindungi warga sipil dalam pertempuran tersebut, dan berupaya mewujudkan negara Palestina sebagai satu-satunya solusi jangka panjang terhadap kekerasan Israel-Palestina.

Para pejabat AS mengatakan kemungkinan perlu waktu berminggu-minggu sebelum dermaga Gaza bisa beroperasi.

Para pejabat dari AS, Eropa, Israel, dan Timur Tengah sudah terlibat dalam diskusi dan persiapan jalur bantuan maritim.

Ursula von der Leyen, kepala badan eksekutif Uni Eropa, tiba di Siprus Kamis malam untuk memeriksa fasilitas di pelabuhan Larnaca, tempat kapal bantuan diperkirakan akan berangkat ke Gaza.

Pada bulan November, Presiden Siprus Nikos Christodoulides menawarkan penggunaan pelabuhan tersebut, yang berjarak 230 mil (370 kilometer) perjalanan dari Gaza.

Tidak jelas kapan kapal pertama akan berlayar, tapi diyakini hal itu bisa terjadi pada hari Minggu, perkiraan awal bulan suci Ramadhan.

Sebuah kapal milik LSM Open Arms Spanyol sedang berlabuh di Larnaca menunggu izin untuk mengirimkan bantuan makanan dari World Central Kitchen, sebuah badan amal AS yang didirikan oleh koki selebriti José Andrés.

Kelompok-kelompok bantuan mengatakan upaya mereka untuk mengirimkan pasokan yang sangat dibutuhkan ke Gaza terhambat karena sulitnya berkoordinasi dengan militer Israel, permusuhan yang sedang berlangsung, dan terganggunya ketertiban umum. Bahkan lebih sulit lagi untuk mendapatkan bantuan di wilayah utara yang terisolasi.

Sigrid Kaag, koordinator senior kemanusiaan dan rekonstruksi PBB untuk Gaza, mengatakan kepada wartawan Kamis malam bahwa pengiriman udara dan laut tidak dapat menutupi kekurangan jalur pasokan di darat.

Juru bicara Komisi Uni Eropa Balazs Ujvari mengatakan pada hari Rabu bahwa blok tersebut akan mempertimbangkan pengiriman udara, namun ini akan menjadi pilihan terakhir dan tidak dapat menggantikan akses darat ke wilayah kantong tersebut.

Ujvari mengatakan UE sejauh ini telah melakukan sekitar 40 penerbangan untuk mengirimkan bantuan ke Gaza, terutama melalui Mesir.

Sementara itu, upaya untuk mencapai gencatan senjata sebelum Ramadhan terhenti. Hamas mengatakan pada hari Kamis bahwa delegasinya telah meninggalkan Kairo, tempat pembicaraan diadakan, hingga minggu depan.

Para mediator internasional berharap untuk meringankan beberapa krisis yang ada dengan segera melalui gencatan senjata selama enam minggu, yang akan membuat Hamas melepaskan beberapa sandera Israel yang mereka tahan, Israel membebaskan beberapa tahanan Palestina dan kelompok bantuan diberi akses untuk menerima gelombang pengungsi dalam jumlah besar. bantuan ke Gaza.

Militan Palestina diyakini menyandera sekitar 100 orang dan 30 lainnya ditangkap dalam serangan Hamas pada 7 Oktober, yang menewaskan sekitar 1.200 orang di Israel dan menyandera sekitar 250 orang. Beberapa lusin sandera dibebaskan dalam gencatan senjata selama seminggu di bulan November, dan sekitar 30 orang diyakini tewas.

Para pejabat Mesir mengatakan Hamas telah menyetujui syarat-syarat utama perjanjian tersebut sebagai tahap pertama namun menginginkan komitmen yang akan mengarah pada gencatan senjata yang lebih permanen, sementara Israel ingin membatasi perundingan pada perjanjian yang lebih terbatas.

Para pejabat tersebut berbicara tanpa menyebut nama karena mereka tidak berwenang membahas negosiasi tersebut dengan media. Kedua pejabat tersebut mengatakan mediator masih menekan kedua pihak untuk melunakkan posisi mereka. [AN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved