Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

[BREAKING NEWS] Akademisi Palestina 'dibunuh oleh Mossad' di Malaysia

 

Kuala Lumpur: Seorang akademisi Palestina dari Gaza ditembak mati oleh dua penyerang tak dikenal yang mengendarai sepeda motor pada Sabtu pagi.

Fadi Al-Batsh, 35, sedang dalam perjalanan ke masjid tetangga pada pukul 6 pagi ketika dia ditembak mati di luar kondominium tempat dia tinggal, menurut Datuk Mazlan Lazim, kepala polisi Kuala Lumpur.

Dia mengatakan bahwa kedua penyerang telah menunggu Al-Batsh di depan sebuah bangunan perumahan di distrik Setapak ibukota Malaysia selama hampir 20 menit dan menembakkan sedikitnya 10 peluru, yang menewaskannya seketika.

Keluarga Al-Batsh mengatakan mereka mencurigai Mossad, badan intelijen Israel, berada di balik pembunuhannya.

Anwar Al-Agha, duta besar Palestina untuk Malaysia, kemudian mengidentifikasi korban, yang merupakan seorang dosen teknik, namun menolak menyebutkan apakah ia anggota Hamas.

Hamas, yang secara de facto menguasai Gaza, mengatakan salah satu anggotanya “dibunuh” di Malaysia namun tidak menuduh dinas rahasia Israel melakukan pembunuhan tersebut.

Paman Batsh, Jamal Al-Batsh, berbicara kepada Reuters di Jalur Gaza, mengatakan dia yakin pembunuhan itu adalah ulah Mossad. Ketika ditanya siapa yang dia salahkan, dia menjawab: “Mossad Israel. Mossad Israel berdiri di belakang pembunuhan orang-orang terpelajar dan intelektual karena Israel tahu Palestina akan dibebaskan oleh para ilmuwan.”

Ahmad Zahid Hamidi, wakil perdana menteri Malaysia, mengatakan pemerintah sedang mencari kemungkinan keterlibatan “agen asing” dalam pembunuhan tersebut, AP melaporkan. Dia mengatakan kepada media lokal bahwa penyelidikan awal menunjukkan bahwa para penyerang dalam serangan Sabtu pagi adalah “orang kulit putih” yang mengendarai sepeda motor BMW 1.100cc yang bertenaga.

“Pembunuhannya mungkin ada kaitannya dengan badan intelijen asing atau dia mungkin juga dianggap bertanggung jawab terhadap negara-negara yang bersahabat dengan Palestina,” kata Hamidi seperti dikutip harian berbahasa Inggris New Straits Times.

Pembunuhan tersebut menimbulkan kejutan di lingkungan damai tempat dia tinggal dan sebagian besar penduduknya berasal dari Afrika dan Timur Tengah. Bashir Abei, 34, seorang pelajar, mengatakan bahwa Al-Batash adalah seorang Imam yang terhormat. “Saya sudah tinggal di sini selama lima tahun. Ini pertama kalinya kasus seperti ini terjadi di sini,” ujarnya.

Al-Batash telah tinggal di Malaysia sejak 2012 dan mengajar di Universiti Kuala Lumpur British-Malaysian Institute. Ia memperoleh gelar sarjana dan magister di Gaza sebelum melanjutkan PhD di Universitas Malaya (UM) di bawah program beasiswa Khazanah Foundation yang dijalankan oleh pemerintah Malaysia. Ia juga menerima penghargaan berprestasi tinggi dari Najib Razak, perdana menteri Malaysia, atas karya penelitiannya.

Kamarul Zaman Shaharul Anwar, kepala Humanitarian Care Malaysia dan teman Al-Batash, mengatakan bahwa dia adalah seorang pria keluarga yang baik dengan tiga anak dan seorang pria yang sangat cerdas yang telah menjabat sebagai imam di masjid terdekat di lingkungan tersebut selama lima tahun terakhir. .

“Saya yakin pembunuhan itu terjadi karena keahliannya sebagai PhD di bidang teknik elektro,” ujarnya.

Ahmad Shehaz, 28, seorang pelajar dan teman dekat Al-Batash, juga berbagi sentimen dengan Kamarul. “Ada lebih dari 5.000 warga Palestina, mahasiswa sarjana dan pascasarjana (di Malaysia). Mengapa mereka memilih untuk membunuh Fadi?” dia berkata.

Datuk Nur Jazlan, wakil menteri dalam negeri Malaysia, mengatakan kepada Arab News bahwa polisi Malaysia masih menyelidiki kasus ini dan tidak menjelaskan lebih lanjut. [ARN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved