Breaking Posts

6/trending/recent

Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Mengapa Yordania bersiap menghadapi skenario keamanan yang menantang

 

LONDON: Di tengah meningkatnya ketegangan geopolitik di Timur Tengah, Yordania berupaya meningkatkan pertahanannya terhadap kemungkinan serangan milisi yang didukung Iran di perbatasannya.

Pendekatan baru ini menyusul serangkaian serangan terhadap pangkalan militer AS di Teluk, yang berpuncak pada serangan pesawat tak berawak terhadap situs dukungan logistik Jaringan Pertahanan Yordania di dekat perbatasan Suriah pada 28 Januari, yang menewaskan tiga tentara Amerika dan lebih dari 40 orang. yang lain terluka.

Dalam konferensi pers, Sabrina Singh, wakil sekretaris pers Pentagon, mengatakan bahwa milisi Kataib Hizbullah Irak yang didukung Iran bertanggung jawab atas serangan terhadap Menara 22.

“Kami tahu bahwa Iran berada di belakangnya. Dan tentu saja, seperti yang telah kami katakan sebelumnya, Iran terus mempersenjatai dan memperlengkapi kelompok-kelompok ini untuk melancarkan serangan-serangan ini, dan kami pasti akan meminta pertanggungjawaban mereka,” katanya, sambil mencatat bahwa delapan dari 40 orang yang terluka harus dievakuasi untuk mendapatkan perawatan.

Pemerintah Yordania “mengutuk serangan teroris yang menargetkan pos terdepan di perbatasan dengan Suriah, menewaskan tiga tentara AS,” dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan melalui kantor berita Petra.

Meskipun kematian di pangkalan AS di Yordania merupakan korban militer Amerika pertama sejak dimulainya serangan militer Israel di Gaza yang dikuasai Hamas pada bulan Oktober tahun lalu, bagi warga Yordania, serangan tersebut bukanlah hal yang biasa.

Ketika Irak dilanda ketidakstabilan dan sektarianisme serta Suriah terperosok dalam perang saudara selama satu dekade, wilayah perbatasan utara Yordania telah menjadi tempat berkembang biaknya milisi.

Baraa Shiban, seorang rekan di Royal United Services Institute di Inggris, mengatakan bahwa mereka yang memantau wilayah tersebut telah melihat “serangan lintas batas selama beberapa waktu.”

Dia mengatakan kepada Arab News: “Jika Anda berada di belahan dunia itu, aktivitas kelompok-kelompok ini sudah diketahui. Perhatian pers terhadap serangan ini meningkat sejak tentara Amerika terbunuh, namun jumlah serangannya tetap.

“Serangan-serangan tersebut biasanya berupa serangkaian pertempuran kecil yang terkadang meningkat dan terkadang mereda, namun serangan tersebut selalu terjadi secara perlahan.”

Pertempuran ini juga bukan sekadar hasil dari upaya menyerang instalasi militer, karena milisi telah mengubah Yordania menjadi rute transit utama untuk salah satu upaya pendanaan utama mereka, yaitu perdagangan amfetamin Captagon buatan Suriah yang bernilai miliaran dolar.

“Yordania menjadi sangat prihatin dengan meningkatnya aktivitas penyelundupan narkoba yang terjadi di perbatasannya,” kata Shiban.

“Kegiatan penyelundupan ini penting bagi kelompok tersebut jika mereka ingin mendanai serangan militer yang sedang berlangsung. Jika Yordania berhasil mengekang kegiatan tersebut, kelompok tersebut akan kekurangan sumber pendapatan besar yang dapat membantu mereka tetap hidup.”

Jumlah yang terlibat sangat mengejutkan: Pada bulan Desember, pihak berwenang Yordania menyita 5 juta pil dan, dengan satu pil bernilai $12-25, nilai gabungannya antara $60-125 juta.

Yordania telah meningkatkan kebijakan tidak adanya toleransi terhadap penyelundupan narkoba lintas batas dalam beberapa tahun terakhir, dan pada tahun lalu mereka mengumumkan bahwa mereka akan menggunakan kekuatan militer di Suriah untuk mengekang perdagangan narkoba melintasi perbatasannya.

Pada Mei 2023, Yordania melancarkan serangan udara di sebuah desa di provinsi Sweida selatan Suriah, menewaskan gembong Captagon Merhi Al-Ramthan.

DALAM ANGKA

  • 11 juta Perkiraan total populasi (2023)
  • 31,42% Penduduk berusia di bawah 14 tahun
  • $102,8 miliar PDB Riil (kesetaraan daya beli) (2021)

Serangan pesawat tak berawak pada bulan Januari menandai Kataib Hizbullah sebagai milisi paling terkemuka di antara sejumlah milisi yang terlibat dalam kegiatan lintas batas ini, dan memperjelas, melalui prinsip “velayat-e faqih” – atau “Perwalian Para Ahli Hukum” – di mana mereka berada. menerima arahannya.

David Rigoulet-Roze, seorang peneliti di Institut Analisis Strategis Perancis, mengatakan bahwa “velayat-e faqih” berarti Kataib Hizbullah mengakui Ayatollah Ali Khamenei Iran sebagai panglima tertingginya.

Menggambarkan kelompok tersebut sebagai “tidak diragukan lagi yang paling berpengaruh” dalam kolektif yang dikenal sebagai Perlawanan Islam di Irak, Rigoulet-Roze mengatakan bahwa persatuan dengan faksi Harakat Hizbullah Al-Nujaba dan Hashd Al-Shaabi inilah yang menjadikan ancaman lebih kuat. .

Menariknya, kelompok terakhir ini muncul pada tahun 2014 untuk mendukung koalisi anti-Daesh yang dipimpin Washington, dan berkontribusi terhadap kekalahan teritorial Daesh di Irak pada tahun 2017.

“Ada aliansi obyektif antara koalisi, Amerika, dan milisi Hashd melawan Daesh. Keduanya bertarung di sisi yang sama. Setelah tahun 2017, kelompok-kelompok yang sama ini menemukan DNA mereka yang berasal dari Iran – dan karenanya anti-Amerika,” kata Rigoulet-Roze kepada France24.

Namun, dengan latar belakang perang Israel di Gaza, para pejabat Yordania semakin khawatir bahwa bentrokan tersebut dapat berkembang menjadi sesuatu yang kurang berkelanjutan karena alasan yang berkaitan dengan keamanan negaranya sendiri.

Hal ini tidak mengejutkan: Salah satu tujuan utama Kataib Hizbullah adalah mengusir AS dari Timur Tengah. Yordania tidak hanya menampung sekitar 3.000 tentara AS tetapi pada tahun 2021 menandatangani perjanjian pertahanan baru dengan Amerika.

Perjanjian Yordania disetujui melalui dekrit kerajaan, yang mengizinkan pesawat, personel, dan kendaraan AS bebas masuk dengan imbalan bantuan militer tahunan sebesar $425 juta.

Kesepakatan itu mengikat Yordania untuk memberikan dukungan logistik dan lainnya bagi sekitar 3.000 tentara AS di negara tersebut.

Beberapa anggota parlemen Yordania, terutama anggota oposisi Front Aksi Islam, mengecam perjanjian tersebut, dengan mengatakan perjanjian tersebut memberikan terlalu banyak hak prerogatif kepada AS.

Yordania adalah salah satu penerima bantuan AS terbesar, namun isu mengenai pasukan Amerika dan pangkalan yang mereka gunakan di negara tersebut adalah isu yang sensitif secara politik.

Mengakui adanya perpecahan dalam perjanjian pertahanan, Jawad Anani, mantan menteri luar negeri Yordania, mengatakan “tidak ada kemungkinan” perjanjian dengan AS akan dibatalkan mengingat situasi saat ini.

“Ada rasa kebencian dan ketidaksenangan (terhadap AS), tapi tidak ada cara bagi Yordania untuk mengingkari perjanjiannya,” katanya dalam sebuah wawancara. “Warga Yordania juga tidak senang dengan Inggris, Jerman, dan Prancis; kita tidak bisa memutuskan hubungan kita dengan semua orang.”

Persepsi Yordania mengenai ancaman dari milisi anti-AS melonjak pada 18 Maret setelah sistem radar mendeteksi aktivitas udara mencurigakan dari sumber yang tidak diketahui di sepanjang perbatasan Suriah.

Para saksi mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa insiden tersebut mengakibatkan jet-jet terbang di atas langit kota perbatasan Irbid, dan juru bicara angkatan udara mencatat bahwa satu skuadron telah dikirim untuk memastikan wilayah udara tidak terancam.

Institut Kebijakan Timur Dekat Washington memberikan peringatan bahwa serangan pesawat tak berawak yang mematikan pada 28 Januari menandai titik balik dari apa yang selama ini menjadi hal biasa.

Pernyataan tersebut menggambarkan insiden tersebut sebagai “peringatan serius bagi keamanan nasional Yordania karena beberapa alasan yang saling terkait,” dan menyoroti insiden tersebut sebagai insiden pertama yang dilakukan oleh aktor non-negara terhadap wilayah dan kedaulatan Yordania, dan terhadap sekutu Amerika.

Shiban, rekan rekan RUSI, meragukan klaim Washington Institute bahwa serangan mematikan di Menara 22 menandai peningkatan serangan yang dilakukan oleh proksi Iran, dan mengatakan bahwa penting untuk memahami dengan baik kelompok-kelompok yang terlibat.

“Banyak dari kelompok ini tidak menentu. Dalam operasi sehari-hari, mereka cenderung bentrok satu sama lain dan dengan keamanan perbatasan. Faktanya, siapa yang mereka lawan sangat bergantung pada harinya,” kata Shiban.

“Ya, secara umum, mereka disatukan oleh keinginan untuk mengusir kehadiran AS dari kawasan, namun hal ini disebabkan oleh fakta bahwa selama kehadiran AS, mereka terancam.”

Meski tidak meremehkan pentingnya pengaruh Iran terhadap aktivitas kelompok-kelompok ini, Shiban mengatakan bahwa milisi yang dikhawatirkan oleh pemerintah Yordania tidak sepenuhnya berada di bawah kekuasaan pemerintah di Teheran.

Sebaliknya, ia mengatakan perlu adanya pengakuan bahwa salah satu permasalahannya adalah banyaknya milisi yang kini beroperasi “semi-independen”.

Mengenai apa yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah yang menjengkelkan ini, Shiban mengatakan Yordania telah menunjukkan kesediaannya untuk berurusan dengan rezim Suriah, dan mencatat bahwa sebagian besar kelompok ini melancarkan serangan dari Suriah.

Meski begitu, ia yakin Yordania pada akhirnya “tidak berpikir Suriah memiliki kemauan atau kapasitas untuk melakukan apa pun mengenai hal ini.”

Di tengah seruan agar AS menyediakan sistem pertahanan rudal Patriot, Saud Al-Sharafat, mantan brigadir jenderal Yordania, mengatakan bahwa Yordania “berada di wilayah yang mudah meledak,” dengan kekhawatiran bahwa Iran dan milisi bersenjata lengkapnya dapat memasuki konflik Gaza. .

“Terlepas dari apakah ada drone atau rudal yang dicegat atau ditembakkan atau tidak, risiko Yordania terjebak dalam baku tembak hanya akan meningkat jika perang (di Gaza) terus berlanjut dan meluas,” ujarnya. [ARN]

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Ads Bottom

Copyright © 2023 - Repelita.com | All Right Reserved