Zein Kribo Ngaku Sedih dengan Islam, Ini Alasannya

380
Habib Kribo

Habib Zein Assegaf alias Habib Kribo mengaku sedih dengan kondisi pemeluk agama Islam belakangan ini yang kerap meributkan hal-hal yang seharusnya tidak perlu.

Awalnya sebagai contoh, Habib Kribo membahas soal ibadah puasa yang belakangan seakan dipaksa oleh berbagai pihak, khususnya sejumlah organisasi masyarakat (ormas) Islam.

Dia menilai soal puasa merupakan urusan pribadi yang tak bisa dipaksa atau diintervensi siapa pun.

“Biarkan orang enggak berpuasa, bukan urusan kita memaksa. Yang boleh kita tanggapi, kita sikapi kalau perbuatan zhalim, misalkan perilaku saya mengancam orang lain bolehlah saya ditegur,” kata Habib Kribo dalam saluran YouTube Deddy Corbuzier, dikutip pada Kamis, 13 Januari 2022.

“Tapi kalau hanya cuma puasa, ritual, orang enggak boleh intervensi, ini bentuk penghambaan harus datang dari sendiri,” sambungnya.

Terlebih Indonesia sendiri merupakan negara dengan masyarakat yang majemuk sehingga umat muslim seharusnya tidak memaksakan siapapun untuk beribadah.

Namun yang seharusnya jadi sorotan ialah sikap menghargai agama lain.

Lebih lanjut Habib Kribo juga sedih dengan citra Islam belakangan ini yang hanya fokus dan meributkan soal atribut, ritual, dan penistaan agama.

Padahal, kata dia, agama itu prinsipnya diturunkan Tuhan untuk umat manusia.

“Kenapa kita harus memaksakan? Kenapa kita terusik? Padahal di Indonesia tidak semuanya muslim. Ada banyak agama lain, kita harus menghargai agama yang lain. Nah yang sedih saat ini Islam hanya ributin di hal-hal ritual, atribut, penista agama menjelekan Tuhan. Padahal prinsipnya agama itu diturunkan Tuhan untuk manusia, bukan buat Tuhan,” imbuh Habib Kribo.

Sumber berita / Artikel Asli : HOPS

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here