WHO Umumkan Stop Vaksinasi di Seluruh Dunia, Benarkah?

1095
WHO

Sebuah pesan berantai tentang Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan vaksinasi Covid-19 di seluruh di dunia harus dihentikan sekarang juga, beredar luas di media sosial WhatsApp.

Narasi pesan berantai itu menyebutkan bahwa terdapat informasi dari WHO bahwa vaksinasi Covid-19 akan dihentikan di seluruh dunia.

Tak hanya WHO, lanjut narasi pesan berantai tersebut, Perseritakatan Bangsa-Bangsa (PBB) juga meminta semua pemerintah negara hentikan vaksinasi Covid-19.

Pesan berantai itu juga mencantumkan sebuah video yang diklaim merupakan informasi resmi penghentian vaksinasi Covid-19 dari WHO dan PBB.

Seperti dilansir GalamediaNews.com dari tim Turn back hoax Indonesia, penelusuran mengenai penghentian vaksinasi Covid-19 di seluruh dunia telah dilakukan.

Bagaimana hasilnya? Berikut penjelasannya.

Setelah dilakukan penelusuran oleh tim Turn back hoax Indonesia, isu tentang penghentian vaksinasi Covid-19 di seluruh dunia adalah kabar yang tidak benar.

Adapun pihak-pihak yang berada dalam video tersebut merupakan anggota Parlemen Eropa, bukan pihak WHO maupun YPBB.

Video yang beredar itu juga tidak membahas penghentian vaksinasi di seluruh dunia. Melainkan menyuarakan keprihatinan penggunaan sertifikat vaksin Covid-19.

Pihak Parlemen menyayangkan sertifikan Covid-19 dijadikan sebagai syarat utama untuk memasuki suatu gedung atau tempat umum di Eropa.

Video tersebut merupakan video yang diambil pada tahun 2021 lalu. Di mana penggunaan sertifikat vaksin Covid-19 menjadi perhati para anggota dewan.

Dengan demikian, narasi dalam pesan berantai yang beredar WhatsApp dan menginformasikan bahwa WHO dan PBB mengumumkan vaksinasi di seluruh dunia akan dihentikan adalah hoaks.

Isu yang dinarasikan tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan (misleading content).**

Sumber Berita / Artikel Asli : Galamedia

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here