Warga Sumbar Kumpulkan 5 Ton Rendang untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

1701
Fauzi Bahar

Padang, Sumbar – Erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur menyisakan duka yang mendalam lantaran memakan korban jiwa dan ribuan orang mengungsi. Hal tersebut  mengundang empati banyak pihak, termasuk beberapa tokoh Sumatera Barat di Padang.

Rasa empati ini muncul mengingat Sumbar pernah mengalami bencana gempa dahsyat di tahun 2009. Saat itu berbagai lembaga memberikan bantuannya untuk Sumbar terutama Kota Padang.

Fauzi Bahar, mantan walikota Padang menginisiasi penggalangan bantuan randang untuk korban yang terdampak erupsi gunung semeru yang saat ini tengah bertahan di tenda atau posko pengungsian.

“Dengan menggandeng lembaga penyalur bantuan, Lanud Sutan Syahrir, Gebu Minang Sumbar, PPM Sumbar bersama wanita Koperasi IKA Boga Kota Padang kami menargetkan 5 ton rendang untuk dikirim ke lokasi bencana alam,” ujar Fauzi Bahar, Selasa (7/12/2021) di Padang.

Kata Fauzi, ini merupakan bentuk kepedulian kepada sesama, apalagi ketika terjadi gempa besar di Kota Padang mereka turut membantu dari segi logistik dan lainnya.

“Untuk itu mari kita berdonasi untuk saudara-saudara kita yang berada di Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur yang terpapar oleh erupsi gunung semeru. Kita sangat merasakan apa yang sedang mereka alami, karena kita juga pernah mengalami bencana alam,” bebernya.

Lebih lanjut, Fauzi Bahar menjelaskan, dipilihnya randang untuk dikirimkan ke lokasi bencana karena rendang dapat bertahan selama tiga minggu.

“Bagi masyarakat Sumbar yang ingin menyumbangkan sedikit rezekinya dapat melalui rekening donasi ACT Sumbar di VA BNI 8660291020040237,” tuturnya.

“Setiap bantuan yang dikirim ke rekening akan kita belikan randang untuk dikirimkan ke Lumajang dan Malang. Target kita terkumpul 5 ton rendang dengan rentang waktu selama tiga minggu ke depan,” tambahnya.

“Kita sangat dukung sekali jika ada kelompok masyarakat yang mengirimkan rendang produksi mereka. Bayangkan jika satu RW masing-masing yang ada di Sumbar turut membantu, tentu target rendang yang akan di kirim melebihi 5 ton,” katanya optimis.

Sementara  sebagai penginisiasi, Fauzi Bahar sendiri turut memberikan sumbangannya dalam bentuk rendang untuk dikirim ke pusat bencana di Jawa Timur, yang nantinya akan digabung dengan bantuan warga Sumbar lainnya. Dalam hal ini, Fauzi Bahar menyumbang sebanyak 50 Kg. (Wahyudi Agus/ito)

Sumber Berita / Artikel Asli : TV ONE

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

83 − = 73