Video ILC, Pemred Koran Tempo: Kami Bukan Benci Pemerintah

216

Buzzer memang bekerja secara kompak dan serempak. Mulai dari menggiring opini hingga dituding menyebar hoax. Siapa mereka sebenarnya, dan apakah mereka bergerak secara sukarela atau sesuai arahan ‘Kakak Pembina’. Lalu siapa sesungguhnya bermain buzzer.

Salah satu yang mengungkap kerja-kerja jahat buzzer adalah Kotan Tempo. Dalam program ILC tvOne pada Selasa malam, 8 Oktober 2019, Pemimpin Redaksi Koran Tempo, Budi Setyarso menyampaikan sejumlah temuan medianya terkait kerja-kerja buzzer ini.

Dalam kesempatan awal, Budi menegaskan tidak ada kepentingan Tempo untuk menyerang buzzer karena mereka mendapat serangan dari buzzer setelah gambar majalah mereka.

“Tidak ada hubungannya, antara cover dan opini. Ini bagaimana kami memandang sebuah fenomema yang terjadi di masyarakat, terutama di media sosial. Ada polarisasi yang sangat tajam, karena itu kami memutuskan untuk kita angkat sebagai rubrik opini,” katanya.

Menurutnya, rubrik opini adalah rubrik yang mencerminkan sikap redaksi Tempo dalam memandang sebuah fenomena, sebuah persoalan dan masalah yang memang dibicarakan banyak orang.

Selain itu, Budi juga memastikan apa yang ditulis Tempo selama ini bukan sebagai bentuk kalau Tempo benci dengan Pemerintah. Menurutnya, itu adalah bentuk kritik jurnalis yang bertanggung jawab.

Lebih lengkap, lihat pernyataan Budi Setyarso, dalam tayangan ILC di bawah ini. viva

 

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here