Ubedilah Badrun Dilaporkan Balik Ketua Relawan Jokowi, Febri Diansyah Beri Pembelaan

500
Eks Jubir KPK, Febri Diansyah. /Instagram @febridiansyah.id

Pelaporan terhadap Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep ke KPK oleh dosen UNJ, Ubedilah Badrun dibalas dengan pelaporan balik.

Ketua Ikatan Aktivis 98 yang juga ketua Relawan Jokowi Mania (Joman) Immanuel Ebenezer melaporkan Ubedilah Badrun ke Polda Metro Jaya.

Mantan Juru Bicara KPK, Febri Diansyah melalui akun @febridiansyah memberikan sinyal dukungan pada Ubedilah Badrun.

Febri Diansyah mengingatkan UU no 31 tahun 2014 tentang Perlindungan Saksi dan Korban pada pasal 10.

“Saksi, Korban, Saksi Pelaku, dan/atau PELAPOR tidak dapat dituntut scr hukum baik pidana maupun perdata…Tntu spanjang dg itikad baik. Dan perkara pokok hrs didahulukan,” ujar Febri Diansyah pada 14 Januari 2022.

Febri Diansyah juga menjelaskan itikad baik yang dimaksud dalam undang undang tersebut.

“Lalu ITIKAD BAIK itu apa? Kt tntu setuju, perbuatan2 yg dilakukan tidak dg itikad baik harus dipertanggungjawabkan. Tp perhatikan semangat utama Pasal 10 tsb. Agar org tidak takut melapor, tdk takut jd saksi dll,” kata Febri Diansyah.

Menanggapi hal itu tak mantan penyidik senior KPK Novel Baswedan yang kini bertugas di Polri, juga turu mengomentari unggahan Febri Diansyah.

Novel Baswedan melalui akunnya @nazaqistsha turut menambahkan pasal 220 KUHP.

“Barang siapa memberitahukan atau mengadukan bahwa telah dilakukan suatu perbuatan pidana, padahal mengetahui bahwa itu tidak dilakukan”.  Lebih dari itu mestinya mendapat perlindungan hukum,” tambah Novel Baswedan.

Immanuel Ebenezer melaporkan dosen UNJ Ubedilah Badrun ke Polda Metro Jaya dengan delik memberi keterangan palsu, KUHP pasal 263 dan 266.

Pasal yang disangkakan karena keterangan palsu atau fitnah menurut Febri juga mengkhawatirkan bagi pelapor.

“Pasal lain yg seringkali mengkhawatirkan bagi Pelapor, yaitu Pasal 317 KUHP ttg pengaduan fitnah,” kata Febri Diansyah.

“Ketentuan ini sejak lama jg diperdebatkan sehubungan dg adanya Hak & Kewajiban untuk melaporkan tindak pidana di Pasal 108 KUHP,” ujar Febri Diansyah. ***

Sumber Berita / Artikel Asli : Pikiran Rakyat

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here