TNI Ternyata Sudah Tabur Garam ke Awan di Mandalika tapi Hujan Deras Tetap Turun

760

Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) ternyata sudah merekayasa cuaca untuk mencegah hujan deras kembali mengguyur Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) saat berlangsung World Superbike (WSBK).

Awan di sekitar Sirkuit Mandalika ternyata telah ditaburkan garam, diharapkan bisa bergeser dan menurunkan hujan di daerah lain.

“Rekayasa hujan ini sudah sangat sering dilakukan oleh, teman-teman TNI AU, yaitu dengan cara menerbangkan pesawat membawa garam. Garam itu ditabur di udara, di atas awan, dengan harapan dengan ditaburkan di udara, sebelum dia bergeser ke lokasi Sirkuit Mandalika hujannya sudah jatuh,” kata Komandan Korem 162 Wira Bhakti Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani dalam jumpa pers, Sabtu (20/11/2021).

Setelah garam ditabur di awan sekitar Mandalika, hujan diharapkan bergeser ke Kota Mataram atau Lombok Timur.

Ada 3 ton garam kasar yang ditabur dalam upaya merekayasa cuaca ini.

Namun, rekayasa cuaca itu tidak berhasil. Hujan deras tetap mengguyur Sirkuit Mandalika pada Sabtu sekitar 14.40 Wita hingga 15.00 Wita.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Balapan sepeda motor itu kemudian diputuskan untuk ditunda dan bakal kembali dijadwalkan berlangsung pada hari ini, Minggu (21/11/2021).

 

Sebagai informasi, Jadwal World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), mengalami perubahan setelah balapan pertama (Race 1) ditunda akibat hujan deras.

Balapan pertama WSBK Mandalika 2021 semula dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (20/11/2021) mulai pukul 14.00 WIB.

Namun, hujan deras yang mengguyur Sirkuit Mandalika membuat balapan pertama ditunda dan digeser ke hari Minggu (21/11/2021) pukul 10.00 WIB.

“Menyusul kondisi cuaca buruk pada Sabtu sore selama seri WSBK di Sirkuit Mandalika, keputusan sulit telah diambil untuk menunda Race 1 WorldSBK ke hari Minggu,” demikian pernyataan resmi WSBK.

Keputusan itu otomatis mengubah rangkaian jadwal WSBK Mandalika pada hari Minggu yang semula akan menggelar Tissot Superpole Race dan balapan kedua (Race 2).

Pergeseran jadwal balapan 1 WSBK Mandalika 2021 menyebabkan peniadaan sesi Tissot Superpole Race yang sedianya berlangsung pada Minggu pukul 10.00 WIB.

Sumber Berita / Artikel Asli : kompas 

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here