Terlibat Kerusuhan Papua, Ketua KNPB Mimika Dicokok

547

Kepolisian menangkap Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Mimika, Steven Itlay pada 11 September 2019 di Gerbang Universitas Cendrawasih Papua. Steven dicokok karena diduga terlibat kerusuhan di beberapa wilayah Papua seperti Jayapura.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo mengatakan, kepolisian masih mendalami peran Steven dalam kerusuhan di beberapa wilayah Bumi Cendrawasih.

“Maka dari itu, kami sedang mendalami lebih lanjut peran yang bersangkutan,” ujar Dedi ketika dikonfirmasi, Kamis, 12 September 2019.

Steven, kata Dedi, juga diduga menjalin komunikasi dengan Benny Wenda, sosok yang disebut Pemerintah Indonesia sebagai dalang aksi kerusuhan di Papua dan Papua Barat. Benny merupakan tokoh perjuangan rakyat Papua yang berdomisili di Inggris.

“Dugaannya terkoneksi dengan BW,” ucap dia.

Steven sendiri pernah juga ditangkap pada April 2016 silam. Saat itu ia ditetapkan sebagai tersangka pelaku penganiayaan terhadap Kepala Kepolisian Resor Mimika Ajun Komisaris Besar Yustanto. Ia kemudian bebas pada 11 Februari 2017.

Sebelumnya dalam kasus kerucuhan di Papua dan Papua Barat, polisi juga telah meringkus dua orang yang diduga sebagai aktor intelektual kerusuhan yakni FBK dan AG. Keduanya masuk dalam total 96 orang yang ditetapkan menjadi tersangka. viva

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

− 2 = 1