Terkuak! Aktivis ’98 Ungkap Lord Luhut Telah Siapkan Konsultan China Di Belakang Pemindahan IKN

1009
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

Sebuah video yang memperlihatkan seorang aktivis 98 menyebut Luhut Panjaitan telah memilih konsultan asal China untuk desain awal ibu kota negara atau IKN di Kalimantan, viral di media sosial.

Video aktivis 98 singgung nama Luhut Panjaitan soal desain awal IKN itu viral usai diunggah pengguna Twitter Lelaki_5unyi, seperti dilihat pada Senin 31 Januari 2022.

Dalam narasi cuitannya, netizen itu menyebut aktivis 98 itu dengan sebutan ‘The Lord’.

Menurutnya, sang aktivis pernah membocorkan data di balik IKN baru di mana pihak asing sudah siap di belakang pemindahan ibu kota RI tersebut.

“Ternyata the Lord pernah bocorkan data dibalik Ibukota Negara Baru dibelakangnya siap Asing dan Aseng,” cuit netizen Lelaki_5unyi.

Dilihat dari video itu, tampak aktivis 98 tersebut membeberkan bahwa Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan telah memilih konsultan dari China dan Jepang untuk membantu desain awal IKN di Kalimantan Timur.

“Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan telah memilih konsultan dari China dan Jepang untuk membantu desain awal. Desain saja butuh asing, Masyaallah,” ujar sang aktivis.

Tak hanya China, aktivis Reformasi itu pun mengungkapkan bahwa Luhut pernah mengatakan pihak Amerika Serikat sangat tertarik dengan rencana Pemerintah Indonesia memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan.

“Kemudian yang kedua, pihak Amerika Serikat menurut Luhut Binsar Panjaitan sangat tertarik pada rencana Indonesia memindahkan ibu kotanya ke Kalimantan,” bebernya.

Lebih lanjut, aktivis 98 itu juga membeberkan bahwa berdasarkan keterangan Kementerian PUPR, China mencari peluang untuk merancang landscape perkotaan dan pengelolaan air di IKN.

Sementara Amerika Serikat, kata sang aktivis, ingin membantu membangun infrastruktur jalan dan jembatan di IKN baru.

“Berdasarkan keterangan Kementerian PUPR, China mencari peluang untuk merancang landscape perkotaan dan pengelolaan air. Sementara Amerika Serikat ingin membantu membangun infrastruktur seperti jalan dan jembatan,” ungkapnya.

Berdasarkan klaim yang ia sampaikan soal Luhut Panjaitan dan keterlibatan China serta AS dalam pemindahan IKN itu, aktivis 98 itu pun menilai hal tersebut merupakan bentuk pengkhianatan terhadap kedaulatan RI.

“Didanai oleh asing, kira-kira kedaulatan kita ini di mana saudara-saudara sekalian! Kedaulatan kita ini tinggu atau rendah? Kalau rendah, ini pengkhianatan!,” tegasnya.

Sumber Berita / Artikel Asli : Terkini

 

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

48 − 40 =