Telepon Jokowi, Presiden Xi Jinping Ingin Pererat Hubungan China dengan Indonesia

407

Presiden China Xi Jinping melakukan komunikasi melalui sambungan telepon dengan Presiden Indonesia Joko Widodo pada Selasa (11/1/2022).

Dikutip dari The Straits Times, Xi Jinping dalam komunikasi itu mengajak Indonesia bekerja bersama menangani pandemi Covid-19.

China pun, kata dia, memastikan akan terus mendukung Indonesia menjadi hub produksi vaksin di kawasan.

Negaranya, tambah Xi Jinping, juga akan meningkatkan hubungan kerja sama dengan Indonesia di bidang pengembangan dan penelitian obat-obatan. Menurut dia, sejak tahun lalu hubungan Indonesia dengan China telah menunjukkan adanya peningkatan.

China, juga jelas dia, akan aktif berpartisipasi dengan seluruh upaya untuk membantu pembangunan di Indonesia dan memperdalam kerja sama kedua negara.

Dalam kesempatan itu, Xi juga mengapresasi peran Indonesia di kawasan dan internasional.

“China bersedia untuk bekerja sama mempromosikan pemulihan ekonomi di kawasan, menjaga perdamaian serta multilateralisme,” jelas Xi Jinping.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo menyatakan kedua negara telah berhasil melakukan pencapaian luar biasa dalam kerja sama kesehatan pada tahun lalu.

Apalagi, kata Jokowi, 80 persen vaksin di negaranya berasal dari China. “kerja sama yang baik antar kedua negara berdasarkan sikap saling menghormati dan kerja sama saling menguntungkan,” jelas Jokowi.

Dia pun mengajak perusahaan di China untuk berinvestasi di negaranya. Jokowi juga mendoakan pelaksanaan Olimpiade di Beijing akan berlangsung lancar.

Sumber Berita / Artikel Asli : ERA

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here