Selama Kuartal II 2021, Sektor Pertanian Tumbuh Paling Kecil

185
Petani Bajak sawah

Lapangan usaha sektor pertanian, perikanan, dan kehutanan mendapatkan angka pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) terkecil selama kuartal II 2021 dari 16 sektor lapangan usaha yang dicatat oleh Badan Pusat Statistik.

Kepala BPS, Margo Yuwono, menyampaikan, sektor pertanian pada kuartal II tahun ini hanya mampu tumbuh 0,38 persen secara year on year (yoy). Angka itu jauh lebih kecil dari pertumbuhan pada kuartal I tahun ini yang mencapai 3,33 persen.

Tercatat, hanya sektor pertanian yang mendapatkan pertumbuhan di bawah 1 persen disaat sektor lapangan usaha lainnya paling tumbuh di atas 2 persen.

Margo mengatakan, rendahnya pertumbuhan sektor pertanian juga menjadi salah satu faktor yang mencerminkan  pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II belum normal meski kembali pada level positif.

Diketahui, pertumbuhan ekonomi nasional tercatat 7,07 persen secara yoy. Meski angka pertumbuhan melesat, Margo menilai, pertumbuhan tersebut belum pada kondisi normal seperti sebelum masa pandemi Covid-19.

“Lapangan usaha sektor pertanian, perdagangan, dan industri yang biasanya menjadi penyerap terbanyak lapangan pekerjaan juga menjadi sektor yang pertumbuhannya paling kecil,” ujarnya.

Sumber Berita / Artikel Asli : Republika

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here