Sebut Pemimpin Harusnya seperti Anies, Politisi Demokrat: Gak Baperan Dituntut Warganya

461
Anies Baswedan/ YouTube Anies Baswedan Terkini.id, Jakarta –

Politisi Partai Demokrat, Cipta Panca Laksana menyebut bahwa pemimpin seharusnya seperti Anies Baswedan yang sekarang menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Pasalnya, menurut Panca, Anies Baswedan tidak “bawa perasaan atau baper” saat dituntut oleh warganya.

“Nah begini harusnya pemimpin,” katanya melalui akun Twitter Panca66 pada Sabtu, 18 September 2021.

“Nga baperan dituntut warganya. Terima kasih mas Anies,” sambung Deputi Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat itu.

Bersama pernyataannya, Panca membagikan pernyataan tertulis Anies Baswedan soal gugatan terkait kualitas udara yang diajukan oleh 32 warga DKI, warga Jawa Barat, dan Banten pada tahun 2019 lalu.

Anies Baswedan mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mengapresiasi gugatan dari warga tersebut karena udara bersih adalah Hak Asasi Manusia yang dijamin oleh Undang-Undang Dasar 1945.

Ia bercerita bahwa pada Kamis, 16 September 2021 majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta pusat telah memutuskan mengabulkan sebagian gugatan para tergugat.

“Ada 7 pejabat tingkat nasional dan daerah yang menjadi pihak tergugat termasuk Gubernur DKI Jakarta,” kata Anies Baswedan.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ia juga mengungkapkan bahwa amar putusan ini sesuai dengan visi dan misi pemerintah provinsi DKI Jakarta untuk menyediakan udara bersih yang merupakan hak dasar bagi siapapun.

Karena itu, lanjut Anies Baswedan, Pemprov DKI Jakarta menerima putusan pengadilan dan tidak mengajukan banding dalam rangka mempercepat pelaksanaan putusan tersebut.

“Bahkan sebelum sidang gugatan dimulai, Pemprov DKI sebenarnya telah mengeluarkan Instruksi Gubernur No. 66/2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara,” ungkapnya.

Menurut Anies Baswedan, Pemprov DKI Jakarta telah memulai “7 Insiatif Untuk Udara Bersih” untuk menyelesaikan masalah pencemaran udara di DKI Jakarta.

Ia menyebut, ini adalah kerja besar, tapi ini juga adalah kerja bersama dan kita semua tahu bahwa polusi udara dan perubahan iklim adalah masalah global yang sangat mendesak untuk diselesaikan.

“Jakarta tidak akan berpangku tangan, kami memilih untuk berada di barisan depan bersama dengan kota-kota besar dunia lainnya di dalam melawan perubahan iklim,” katanya.

Anies Baswedan pun mengajak warga Jakarta untuk ikut ambil peran dalam melawan perubahan iklim.

Hal-hal yang bisa dilakukan warga, yakni lebih banyak memakai transportasi publik, menggunakan kendaraan kendaraan yang rendah emisi bahkan bebas emisi, menghindari bakar sampah di tempat terbuka, dan memastikan kendaraan terawat dan telah diuji emisi.

Sumber Berita / Artikel Asli : Terkini

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

30 − = 23