Sebut Kemenag Hadiah dari Negara untuk NU Bukan Islam, Gus Yaqut Trending di Twitter Hingga Dikecam Netizen

433
Yaqut Cholil Qoumas

Nama Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut menjadi trending di Twitter sejak Minggu, 24 Oktober 2021 pagi.

Trendingnya nama Gus Yaqut dikarenakan dirinya membuat pernyataan yang mengklaim bahwa Kementerian Agama (Kemenag) merupakan hadiah yang diberikan oleh negara kepada Nahdlatul Ulama (NU).

Gus Yaqut juga menyebut Kemenag bukan hadiah untuk umat Islam di Indonesia secara keseluruhan.

Klaim Gus Yaqut itu diungkapkannya dalam webinar bertajuk “Santri Membangun Negeri” WEBINAR INTERNASIONAL PERINGATAN HARI SANTRI 2021 RMI-PBNU yang disiarkan di kanal YouTube TV9 Official, Rabu, 20 Oktober 2021.

“Kementerian Agama itu hadiah negara untuk NU secara khusus, bukan untuk umat Islam secara umum, tapi spesifik untuk NU,” kata Gus Yaqut, dikutip SeputarTangsel.Com dari kanal YouTube TV9 Official, Minggu, 24 Oktober 2021.

Gus Yaqut mengungkapkan Kemenag dapat disebut sebagai hadiah negara kepada NU karena NU berperan menjadi juru damai dalam pencoretan tujuh kata dalam Piagam Jakarta.

Oleh karena itu, menurutnya, menjadi hal yang wajar ketika NU memanfaatkan banyak peluang yang ada di Kemenag.

Tangkapan layar nama Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas trending di Twitter.
Tangkapan layar nama Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas trending di Twitter.

“Nah wajar sekarang kita minta Dirjen Pesantren, kemudian kita banyak mengafirmasi pesantren, dan santri juga, saya kira wajar wajar saja tidak ada yang salah,” ungkapnya.

Pernyataan Gus Yaqut itu menimbulkan kecaman dari netizen di media sosial, khususnya di Twitter.

Ada yang menilai klaim Gus Yaqut itu sebagai pelecehan terhadap Kemenag hingga meminta agar pria berusia 46 tahun itu dipecat sebagai Menag.

“Secara gak langsung Gus Yaqut mau bilang NU ambil keuntungan dari Kemenag, Umat Islam jangan iri ini haknya NU krn paling berjasa.. NEPOTISME GOLONGAN NU SENTRIS.. MIRISS!!” tulis akun @ekowboy2.

“Misi apa sebenarnya yg di emban Yaqut sama Said Aqil ini?? Kok keduanya kompak dg statement yg bisa memecah belah umat islam??” tulis akun @_Qirani_Ayara.

“Ternyata hadiah toh, jadi bukan karena Yaqut dianggap mampu ya,” tulis akun @hipohan.

“Apakah NU sudah jadi agama…?? Para ulama di seluruh Indonesia pada kemana nih..?! Kok tak ada yg bersuara dengan pernyataan si yaqut ini..?! tulis akun @Venom1982_.

“Pelecehan terhadap Kemenag. Harusnya langsung di pecat ini orang,” tulis @IMCMushoom.

Hingga berita ini ditulis, nama Gus Yaqut sudah dicuitkan sebanyak kurang lebih 2 ribu kali.***

Sumber Berita / Artikel Asli : Pikiran Rakyat

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here