SBY Sudah Jalani Operasi Kanker Prostat di Amerika Serikat, Ini Kondisi Terkininya

333
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

 Baru-baru ini diketahui bahwa mantan Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengidap penyakit kanker prostat.

Karena alasan kesehatan tersebut, SBY kemudian mendapat perawatan medis di Amerika Serikat, termasuk untuk menjalani tindakan operasi.

Operasi yang dilakukan terhadap SBY dilakukan sebagai upaya penyembuhan penyakit kanker prostat yang dialaminya.

Proses operasi kanker prostat SBY dilakukan di Mayo Clinic Rochester, Negara Bagian Minnesota, Amerika Serikat.

Kabar terkini dari ayah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu, kini sudah dilakukan tindakan operasi dan sedang menjalani proses pemulihan.

Pasca operasiSBY menuturkan bahwa proses itu berjalan lancar sesuai dengan harapan semua pihak.

Tak hanya itu, tindakan operasi yang dijalani SBY menurutnya sudah sesuai dengan ekspektasinya. Sebab, ia menilai operasinya telah berjalan sesuai dengan rencana dokter di Indonesia maupun di Mayo Clinic.

“Operasi pengangkatan prostat yang saya alami telah berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan ekspektasi baik tim dokter Indonesia maupun tim dokter Mayo Clinic dan tentunya harapan saya sendiri,” ujar SBY sebagaimana dikutip PikiranRakyat-Depok.com dari akun Instagram @aniyudhoyono pada 23 November 2021.

Setelah sebelas hari berselang, SBY menjelaskan bahwa tindakan operasi yang dialaminya telah sesuai seperti perkoraan pasien lainnya yang telah berhasil dalam pengangkatan kanker prostat.

“Sejauh ini, pasca tindakan yang dilaksanakan 11 hari yang lalu, tim dokter menyimpulkan bahwa apa yang saya alami sesuai dengan perkiraan bagi siapapun yang menjalani operasi pengangkatan kanker prostat yang dideritanya,” kata SBY.

Sebelumya, SBY sempat ragu untuk melakukan tindakan operasi guna mengangkat kanker prostat yang dideritanya.

Hal ini mengingat SBY yang sudah menginjak usia 72 tahun, sehingga terdapat risiko besar jika dilakukan tindakan operasi.

Namun SBY telah meyakinkan dirinya untuk melakukan operasi pengangkatan kanker prostat setelah berkonsultasi dengan tim dokter.

“Saya sudah mengambil keputusan dan setelah bekonsultasi tentunya dengan tim dokter Indonesia, utamanya tim Dokter Kepresidenan yang merawat kesehatan presiden, wakil presiden, serta mantan-mantan presiden dan wakil presiden, bahwa tindakan operasi inilah yang menurut saya untuk kondisi saya paling tepat,” kata SBY.***

Sumber Berita / Artikel Asli : Pikiran Rakyat

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

16 − 13 =