Sah Presiden Joko Widodo Pilih ‘Nusantara’ Sebagai Nama Ibu Kota Baru!

1132
Ibu Kota Baru Indonesia

Nama Ibu Kota Baru (IKN) di Kalimantan Timur telah resmi dipilih oleh Presiden Joko Widodo.

Menurut Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan nama ‘Nusantara’ resmi dipilih Jokowi menjadi nama Ibu Kota baru mengalahkan 80 kandidat nama lainnya.

Keputusan tersebut didapatnya langsung dari Presiden Jokowi pada Jumat, 14 Januari 2022.

“Saya baru mendapatkan konfirmasi dan perintah langsung dari Bapak Presiden itu pada Jumat lalu dan beliau mengatakan ibu kota negara ini namanya nusantara,” kata Suharso dikutip SeputarTangsel.Com dari ANTARA pada Senin, 17 Januari 2022.

Pihaknya mengatakan, dipilihnya ‘Nusantara’ menjadi nama ibu kota baru karena namanya telah dikenal luas oleh masyarakat.

Bahkan nama ‘Nusantara’ sendiri sebenarnya telah disiapkan sejak lama, tetapi saat ini baru mendapatkan izin untuk dibuka ke publik.

“Saya kira kita semua setuju dnegan istilah Nusantara itu,” tutur Suharso.

“Mengenai nama ibu kota titik-titik itu memang semula sudah ingin dimasukkan pada waktu penulisan Surat Presiden itu tapi kemudian ditahan,” sambungnya.

Lebih lanjut, Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) telah ditargetkan untuk selesai pada Januari 2022 ini.

Meskipun hingga saat ini masih banyak pro kontra di kalangan pengamat, akademisi, dan masyarakat mengenai rencana pemindahan ibu kota baru pengganti DKI Jakarta.***

Sumber Berita / Artikel Asli : Pikiran Rakyat

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here