Rizal Ramli ke Jokowi: Ibu Kota Baru Untuk Siapa? Orang China Ya?

2067
Rizal Ramli

Ekonom senior yang belakangan menjadi pengamat politik nasional, Rizal Ramli meminta Presiden Jokowi mampu dan mau menjelaskan, siapa yang kelak menghuni Ibu Kota baru di Kalimantan Timur. Sebab, menurutnya, kawasan tersebut tak lebih menarik dari Pulau Jawa.

Dilansir dari video yang tayang di saluran Youtube Fadli Zon Official, Rizal Ramli penasaran, apakah benar Ibu Kota baru dibangun untuk rakyat Indonesia, atau justru untuk ‘menampung’ warga asing.

“Saya mohon maaf, Pakde Jokowi, tolong jelaskan siapa yang bakal tinggal di Ibu Kota baru?” ujar Rizal Ramli, Selasa 18 Januari 2022.

Lebih detail, Rizal menjelaskan, secara hitung-hitungan ekonomi, akan sulit memindahkan apa yang sudah ada di Jakarta.

Bahkan, hal itu juga berlaku untuk para pelaku bisnis yang telah lama berkecimpung di dunia properti nasional.

Menurutnya, pengusaha properti akan lebih banyak meraup untung jika membangun kota-kota baru di Pulau Jawa ketimbang di Kalimantan Timur.

“Kalau perusahaan real estate besar tidak akan mau main real estate di Kalimantan Timur kecuali dipaksa, karena mereka lebih diuntungkan bikin BSD baru, bikin kota baru di Pulau Jawa,” terangnya.

Dia menduga, hanya perusahaan asal China saja yang berani menanam modal di IKN untuk membangun kota baru sesuai selera dan kebutuhan rakyat mereka yang nantinya dipindahkan ke Indonesia.

“Nah yang tertarik untuk itu ya BUMN China, untuk beli tanah di situ (Kalimantan Timur), bangun ibu kota baru, tapi penghuninya siapa itu nanti, rakyat nggak mau pindah ke situ,” terangnya.

“Penghuninya ngundang lagi dari RRC buat jadi penduduk di situ, (Kalimantan Timur) bisa jadi ibu kota baru, tapi itu ibu kota Beijing Baru, bukan ibu kota Indonesia baru,” kata dia menambahkan.

Sumber Berita / Artikel Asli : HOPS

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here