Rizal Ramli Heran Indonesia Kurang Agresif Soal Kelautan: Australia Saja Ikuti Langkah Susi Pudjiastuti

364
Rizal Ramli

Ekonom Senior, Rizal Ramli alias RR menanggapi ancaman yang dilontarkan China terhadap Indonesia.

Pemerintah China dilaporkan melakukan protes bahkan ancaman terhadap pemerintah Indonesia terkait pengeboran minyak dan gas alam di wilayah China Selatan”>Laut China Selatan (LCS).

Melalui laporan Reuters, pemerintah China diketahui telah mengirimkan surat kepada Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia.

Pengeboran minyak dan gas alam itu disebut bersinggungan dengan klaim “sembilan garis putus-putus” milik China.

Anggota Komisi I DPR RI, Muhammad Farhan mengatakan surat tersebut berisi sedikit ancaman.

“(Surat itu) sedikit mengancam karena itu adalah upaya pertama diplomat China untuk mendorong agenda sembilan garis putus-putus mereka terhadap hak-hak kami di bawah Hukum Laut,” ujarnya dilansir Galamedia Jumat, 3 Desember 2021.

Meski begitu, Farhan menegaskan bahwa Indonesia tidak akan tunduk dengan ancaman itu. Sebab, wilayah pengeboran itu secara sah merupakan hak milik RI.

“Jawaban kami sangat tegas, bahwa kami tidak akan menghentikan pengeboran karena itu adalah hak kedaulatan kami,” ungkapnya.

Selain protes soal laut, lanjut Farhan, China juga dalam surat terpisah memprotes latihan militer Garuda Shield yang dilakukan bersama Amerika Serikat (AS) bulan Agustus lalu.

 

China khawatir latihan itu akan mengganggu stabilitas kawasan.

“Dalam surat resmi mereka, pemerintah China mengungkapkan keprihatinan mereka tentang stabilitas keamanan di daerah itu,” imbuhnya.

Menanggapi ini, RR mengaku heran sebab Australia saja telah mengikuti langkah eks Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti untuk menenggalamkan kapal asing.

Australia ikuti langkah @susipudjiastuti “tenggelamkan” kapal2 ikan asing,” ujarnya melalui akun Twitter pribadi @RamliRizal pada Jumat, 3 Desember 2021.

Namun, Indonesia malah kurang agresif menanggapi ancamanancaman dari China.

“Lha kok Indonesia malah kurang agresif ?” tandasnya. ***

Sumber Berita / Artikel Asli : Galamedia

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 4 = 9