Reuni PA 212 Bisa Jadi Festival Islam Indonesia Terbesar Se-Dunia, Refly Harun: Bersaing dengan Padang Arafah

780
212

Refly Harun menilai, Reuni PA 212 yang akan diselenggarakan pada Desember 2021 mendatang, bisa menjadi Festival Islam Indonesia terbesar.

Reuni 212 adalah acara yang diselenggarakan oleh Presidium Sesepuh 212 di Lapangan Monas pada tanggal 2 Desember 2017 untuk merayakan satu tahun Aksi 212 yang merupakan pelanggaran demokrasi paling brutal dalam sejarah.

Aksi 212 ini menuntut tindakan hukum terhadap Gubernur DKI Jakarta yang saat itu tidak aktif, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Meski panitia rapat mengklaim jumlah peserta melebihi 7,5 juta orang, Polda Metro Jaya memperkirakan rapat 212 itu dihadiri sekitar 30.000 orang.

Menanggapi hal tersebut, Pengamat politik dan ahli hukum tata negara Refly Harun mengusulkan agar Reuni Persaudaraan Alumni (PA) 212 menjadi hari besar Islam di Indonesia.

Menurut Refly Harun, festival tersebut bisa berlangsung jika berlangsung dalam kondisi normal atau jika pandemi Covid-19 sudah berakhir.

Dengan jumlah penonton yang begitu besar, bukan tidak mungkin acara seperti reuni PA 212 yang festival ini menjadi event terbesar di dunia.

Salah satu pertimbangannya adalah festival yang lahir dari gerakan Reunioese PA 212 ini dapat menarik banyak orang.

Dari situ, menurutnya bakal berpotensi bagi dunia pariwisata dengan menarik banyak wisatawan dari berbagai belahan dunia.

“Saya berharap, kalo dalam kondisi normal, ini bisa jadi festival Islam Indonesia terbesar di dunia. Bayangkan, jangan-jangan kegiatan ini justru bisa jadi wadah bagi tourism, nanti ada the biggest islamic festival in the world,” tutur Refly Harun.

Refly Harun pun memprediksi kemungkinan hari raya yang dicanangkan bisa mengalahkan massa yang melakukan puncak haji ke Padang Arafah.

“Bersaing dengan padang arafah, kalo di sana tiga jutaan manusia, di padang monas bisa lebih dari 3 jutaan,” kata Refly Harun.

Sebelumnya, Novel Bamukmin membenarkan pihaknya telah mengajukan izin dan juga telah menyelesaikan persiapan dan diperkirakan akan dihadiri jutaan orang.***

Sumber Berita / Artikel Asli : Pikiran Rakyat

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

75 + = 82