Refly Harun Ungkap NasDem Kecewa Terhadap Jokowi Hingga Diduga Dukung Anies Baswedan

731
Refly Harun

Ahli Hukum Tata Negara, Refly Harun menyoroti penghargaan yang didapatkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sebagai Best Governor for Inclusive Economic Growth di ajang People of The Year 2021 (Gubernur Terbaik) dari salah satu televisi swasta.

Refly menilai, penghargaan yang didapatkan Anies menjadi menarik. Pasalnya, televisi swasta yang memberikan Anies penghargaan itu milik Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh.

“Menarik adalah kok ini diberikan oleh Metro TV. Yang kita tahu bahwa ini adalah media corong bagi NasDem, atau lebih tepat corong bagi pemiliknya Surya Paloh,” ujarnya melalui kanal Youtube Refly Harun dilansir Senin, 6 Desember 2021.

Refly menilai, penghargaan tersebut bakal membentuk opini publik bahwa NasDem mendukung Anies di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Orang langsung berimajinasi ke 2024. Dan itu tidak salah. Walaupun belum final pastinya. Karena tidak ada kawan dan lawan yang abadi di dalam politik,” jelasnya.

Padahal, kata Refly, pada Pemilihan Gubernur (Pilkada) DKI Jakarta 2016, NasDem mendukung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) untuk melawan Anies-Sandiaga Uno.

Selain itu, di Pilpres pun, NasDem yang paling pertama mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) di dua periode.

“Pada Pilpres 2019, Metro TV atau NasDem yang juga lebih dulu mengusungkan Jokowi sebagai calon Presiden. Sampai ada slogan: Jokowi presiden ku, NasDem Partai ku,” ungkap Refly.

Sikap NasDem yang mulai bermanuver mendukung Anies, menurut Advokat ini, disebabkan ada kekecewaan kepada Jokowi terkait pembagian jabatan di pos-pos penting.

“Ini analisa politik ya, NasDem agak kecewa dengan pembagian kursi kabinet di 2019. Mereka kehilangan pos strategis yaitu Jaksa Agung yang sebelumnya milik mereka melalui Prasetyo (Muhammad Prasetyo),” ungkapnya.

Terlepas dari itu, Refly menegaskan kembali ini adalah kode keras bahwa NasDem mendukung Anies.

“Yang jelas ini adalah kode keras dari NasDem, untuk mau mengusung Anies Baswedan walaupun belum final. Maka bagi Anies akan ada 3 partai yang mendukung Anies,” tandasnya.

Sementara itu, Anies sendiri merasa bersyukur bisa menerima penghargaan ini.

“Alhamdulillah, menerima penghargaan Best Governor for Inclusive Economic Growth pada malam penghargaan People of The Year 2021 Metro TV,” ujarnya melalui unggahan di akun Instagram-nya dikutip Kamis 2 Desember 2021.

Sumber berita / Artikel Asli : Galamedia

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here