Refly Harun Sebut Pemindahan Ibu Kota Tidak Perlu Dilakukan: Banyak Juga Orang yang Berkeberatan

295
Refly Harun

Pakar hukum tata negara Refly Harun angkat bicara mengenai isu pemindahan ibu kota negara Indonesia yang semakin ramai dibicarakan orang.

Refly Harun mempertanyakan urgensi pemindahan ibu kota negara sebagaimana keinginan yang berulang kali diungkapkan Presiden Jokowi.

Refly Harun menyebut pemindahan ibu kota tidak perlu dilakukan karena banyak orang yang berkeberatan dengan hal tersebut.

“Banyak juga orang yang berkeberatan pindah ibu kota. Kalau ditanyakan ke saya, saya bingung necessary untuk pindah ibu kota,” kata Refly Harun sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Refly Harun pada Selasa, 18 Januari 2022.

Refly Harun menyebutkan beberapa alasan yang mendasari bahwa pemindahan ibu kota sebagai hal yang tak perlu dilakukan.

Pria kelahiran Palembang, 26 Januari 1970 itu menyebut masih ada beberapa solusi lain untuk mengatasi berbagai persoalan yang terjadi di Jakarta.

Salah satu problem Jakarta yang disinggungnya adalah kemacetan, dan dia mengungkapkan bahwa kemacetan Jakarta hanya dapat diatasi melalui kebijakan yang terintegrasi dengan baik.

“Saya mengatakan nggak perlu, karena kalau problemnya kemacetan Jakarta, ya itu kemacetan bisa diatasi kalau ada kebijakan yang terintegrasi secara baik,” ujarnya.

Refly Harun juga menyoroti isu pemerataan pembangunan yang digunakan oleh pemerintah sebagai dasar untuk menggenjot proyek pemindahan ibu kota negara.

Peraih gelar doktoral di Universitas Andalas itu mengungkapkan, pemerataan pembangunan tak serta merta dapat terwujud dengan pemindahan ibu kota.

Dia juga mengusulkan untuk memindahkan sejumlah sentra bisnis di Jakarta ke beberapa daerah lainnya agar tercipta pemerataan pembangunan di berbagai wilayah.

“Kalau masalahnya pemerataan pembangunan, tidak perlu dengan pindah ibu kota. Bisa saja pindah sentra-sentra bisnis lainnya,” ucapnya.

Refly Harun juga menyoroti isu lingkungan hidup yang menjadi problem harian warga Jakarta.

Menurutnya, dana pemindahan ibu kota akan jauh lebih berguna ketika dialihkan untuk penanaman pohon dalam jumlah besar.

“Saya membayangkan kalau dana ibu kota itu ditanamkan pohon, saya membayangkan alam kita ini betapa indahnya ya,” tuturnya.***

Sumber Berita / Artikel Asli : Pikiran Rakyat

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here