Refly Harun Sebut di Sekitar Pemerintahan Ada Tokoh Kuat: Yang Bisa Diandalkan Adalah Luhut

486
Refly Harun

Ahli Hukum Tata Negara Refly Harun menyebut Luhut Binsar Pandjaitan adalah tokoh kuat dan loyal bagi Presiden Jokowi.

“Jadi, di sekitar pemerintahan itu saya menyebutnya begini, ada tokoh kuat yang tidak loyal, ada tokoh kuat yang tidak loyal,” katanya dikutip dari YouTube Refly Harun Senin, 9 Agustus 2021.

Refly mengatakan, pada pemerintahan jilid pertama, tokoh kuat yang melingkupi Presiden Jokowi adalah Megawati, Jusuf Kalla, Surya Paloh, Hendropriyono, dan Luhut Binsar Panddjaitan.

 

“Di antara lima tokoh ini yang bisa diandalkan loyalitasnya dan juga hasil kerjanya adalah Luhut Binsar Panjdaitan,” terangnya.

“Maka tidak heran kemudian Jokowi merasa lebih nyaman kepada Luhut Binsar Pandjaitan ketimbang kepada tokoh-tokoh lain yang menampilkan diri bukan sebagai bawahan, tetapi sebagai oligarki, sebagai orang kuat di seputar presiden yang bisa memengaruhi presiden, bukan orang yang bisa disuruh-suruh presiden,” lanjutnya.

Menurut Refly Harun, wajar saja jika Jokowi lebih memilih Luhut Binsar Pandjaitan. Sebab, Luhut workable dan bisa diharapakan loyalitasnya ketimbang tokoh tokoh lainnya.

 

“Terlebih Megawati sendiri yang pasti terbalik posisinya, bukan nurut perintah presiden, tapi presiden yang harus nurut perintah dia, karena selalu dianggap bawahan petugas partai,” sambungnya.

Seharusnya, lanjutnya, kalau sudah menjadi presiden, dia menjadi presiden bagi semuanya, lebih besar dari partai politik.

“Tapi kalau dianggap petugas partai, maka jabatan yang tinggi itu mau dikerdilkan lagi,” sebutnya.

 

“Jadi wajar kalau seandainya hubungan Megawati dan jokowi tidak mesra-mesra amat, mereka dipadukan karena simbiosis mutualistik, tapi soal chemistry barangkali Jokowi lebih mudah ngomong dengan oligarki lainnya ketimbang ngomong sama Megawati,” tandasnya. ***

Sumber Berita / Artikel Asli : Pikiran Rakyat

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here