Prabowo Tegur Fadli Zon, Fahri Hamzah: Dia Wakil Rakyat, Bukan Petugas Partai

456
Fadli Zon

JAKARTA– Mantan Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah membela Fadli Zon yang dikabarkan mendapat teguran dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto karena mengkritik Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Fahri Hamzah menyebut, tugas Fadli Zon di DPR sebagai wakil rakyat. Bukan sebagai pentugas partai.

“Saya katakan bahwa wakil rakyat adalah petugas rakyat bukan petugas partai. Ini sesuai dengan konsep daulat rakyat versus daulat partai atau daulat tuanku. Ini negara demokrasi bukan negara otoriter,” ujar Fahri Hamza, Senin (15/11/2021).

Fahri Hamzah menilai, teguran Gerindra ke Fadli Zon tidak etis. Sebab, Fadli Zon dipilih dan digaji oleh rakyat untuk menjalankan fungsi-fungsi dewan.

“Jadi soal subjektivitas partai politik, harusnya tidak boleh mengganggu seorang wakil rakyat yang dipilih oleh rakyat dan digaji oleh rakyat, di dalam menjalankan amanahnya,” kata Fahri.

Politikus partai Gelora ini menekankan semua pihak agar tidak mengaitkan Fadli Zon dengan partainya saat dia mengkiritik Pemerintah.

“Digaji oleh rakyat, diberi fasilitas oleh rakyat, maka konsep kita untuk menilainya adalah penilaian sebagai wakil rakyat,” tutur Fahri.

Sebelumnya, Fadli Zon menyindir Presiden Jokowi di akun Twitternya. Anggota Komisi I DPR RI ini menilai Jokowi lebih pedulikan Mandalika sementara ada banjir besar di Sintang Kalimantan Barat.

“Luar biasa Pak. Selamat peresmian Sirkuit Mandalika. Tinggal kapan ke Sintang, sudah tiga minggu banjir belum surut,” cuit Fadli Zon lewat akun @fadlizon.

Terkait itu, Prabowo Subianto dikabarkan menegur Fadli Zon. Hal ini dikatakan oleh Juru bicara Partai Gerindra, Habiburokhman.

“Kepada beliau sudah diberikan teguran dan kami juga meminta maaf apabila statement tersebut menimbulkan ketidaknyamanan,” ujar Habiburokhman.

Dia mengatakan, apa yang disampaikan Fadli Zon bukan atas nama partai.

“Statement tersebut tidak mewakili fraksi ataupun partai,” kata Habiburokhman. (dal/fin)

Sumber Berita / Artikel Asli : FIN

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here