Prabowo gantikan Ma’ruf Amin jadi Wapres? Ian Kasela: Fix jangan dirubah lagi!

451
Ian Kasela. Sumber: Instagram

Penyanyi Ian Kasela menanggapi isu Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menggantikan Ma’ruf Amin sebagai Wakil Presiden (Wapres). Ian berharap agar kabar tersebut benar adanya sesuai dengan harapannya selama ini.

Ian mengunggah salah satu berita yang membahas terkait kabar Presiden Joko Widodo resmi menunjuk Menhan Prabowo untuk gantikan Ma’ruf Amin sebagai Wapres. Lantas, bagaimana tanggapan Ian Kasela soal hal tersebut? Simak ulasan berikut.

Ian Kasela soal Prabowo gantikan Ma’ruf Amin

Belum lama ini, musisi Ian Kasela mengunggah tangkapan layar berisi judul berita yang menyebut kalau Menhan Prabowo akan gantikan posisi Ma’ruf Amin sebagai Wapres. Judul berita tersebut bertuliskan ‘Presiden Jokowi Telah Resmi Tunjuk Prabowo Subianto untuk Gantikan Ma’ruf Amin Jadi Wapres? Begini Faktanya’.

Dalam keterangan, vokalis band Radja tersebut berharap agar kabar tersebut benar adanya. Ian meminta agar isu Prabowo gantikan Ma’ruf Amin tak diubah lagi.

“Fix, jangan dirubah lagi!,” tulis Ian Kasela di Instagram.

Menurut Ian, fungsi dan posisi Prabowo sebagai Wapres akan lebih terlihat. Selain itu, Ian beranggapan bahwa kolaborasi Presiden Jokowi dan Prabowo akan semakin kuat jika Prabowo menjabat sebagai Wakil Presiden.

“Setuju banget dengan idea atau keputusan kabar ini, Insya Allah pakde @jokowi sebagai presiden akan semakin kuat berkolaborasi dengan pak @prabowo dan yakin akan lebih kelihatan fungsi posisi wakil presiden tersebut. Hanya opini dan harapanku,” ungkapnya.

Unggahan ian Kasela soal Prabowo
Unggahan ian Kasela soal Prabowo. Sumber: Instagram

Unggahan itu lantas dikomentari berbagai pendapat dari warganet. Banyak warganet yang mengingatkan Ian bahwa kabar tersebut tidak benar alias hoax.

Hoax kak Ian,” ucap warganet.

“Ada tanda tanya pak, itu judul kalimat pertanyaan. Baca sampai habis beritanya ya pak,” ungkap warganet lain.

“Hoax macam apa ini bang,” tutur netter.

Menanggapi hal itu, Ian Kasela menjelaskan bahwa hal itu hanya pendapat dan harapannya saja.

“Ini sebuah harapan, kali aja jadi kenyataan (opini aku),” pungkas Ian Kasela.

Hanya hoax

Dalam berita yang diunggah Ian, kabar Menhan Prabowo menggantikan posisi Ma’ruf Amin sebagai Wakil Presiden diketahui bermula setelah kanal YouTube Teropong Istana mengunggah video berjudul, “BERITA VIRAL ~ JOKOWI RESMI TUNJUK PRABOWO GANTI MAKRUF ~ BERITA TERBARU” pada Minggu, 11 Juli 2021.

Jokowi dan Prabowo di Istana Merdeka Oktober 2019.
Jokowi dan Prabowo di Istana Merdeka Oktober 2019. Foto Setkab.go.id/OJI

Setelah ditelusuri, kabar tersebut tidak benar. Berdasarkan fakta yang ada, tidak terdapat informasi resmi dan valid yang mengatakan kalau Prabowo akan menggantikan posisi Ma’ruf Amin sebagai Wakil Presiden. Selain itu, video YouTube yang beredar tersebut tidak mengandung informasi atau fakta terakit klaim yang beredar.

Dalam laman Kominfo pun dijelaskan bahwa kabar berdasarkan video berdurasi 8:49 menit di media sosial Facebook, dengan narasi yang menyebut Ma’ruf Amin bakal dilengserkan dan posisi Wakil Presiden Republik Indonesia bakal digantikan oleh Prabowo Subianto adalah hoax.

Sumber Berita / Artikel Asli : HOPS

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here