Pose 2 Jari Plt Dirut PLN Ramai Dibahas, Padahal Itu Salam Listrik

216

Jakarta – PLN sedang jadi sorotan setelah listrik padam berjam-jam di sebagian Pulau Jawa. Foto lama Plt Dirut PLN, Sripeni Inten Cahyani, dan pose jarinya pun ramai dibahas.

Foto yang beredar itu memperlihatkan Sripeni memakai kaus dan kerudung biru berpose di depan tenda PLN. Tangan kanan Sripeni membuat pose dengan jempol dan telunjuk.

Foto ini disertai tulisan ‘Plt Dirut PLN penanggung jawab pemadaman massal terburuk sepanjang masa’. Foto tersebut beredar di grup-grup WhatsApp dan media sosial.

Ada yang mengaitkan pose jari Sripeni itu dengan pasangan calon di Pilpres 2019. Seperti diketahui, pendukung pasangan calon nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga, saat itu mempopulerkan salam 2 jari.

“Kalo ada yg nyalahin Jokowi dan mentri, atas matinya lampu lama..kasih aja ini.. PLT Dirut PLN org PKS Pasukan Prabowo,” tulis pemilik akun @me_zhu.

“Hmmmm. Benarkah ini? Ini foto pas kapan ya? #seriustanya 🤔” tulis pemilik akun @TolakBigotRI.

Sebenarnya, pose jari tersebut sempat viral juga pada Maret 2019 ketika masa kampanye Pilpres. Saat itu, beredar foto pegawai PLN berpose 2 jari. PLN lalu menjelaskan bahwa pose 2 jari itu merupakan akronim dari listrik.

Pose jari yang ditunjukkan Sripeni juga sama, itu merupakan salam listrik. Salam itu sudah ada sebelum Pilpres 2019 dan saat masa kampanye, sehingga seluruh pegawai diimbau tidak berpose demikian.

“Iya (salam listrik). Salam itu jauh sebelum pilpres dan saat menjelang kampanye, setelah ada penentuan nomor oleh KPU, maka untuk menjaga independensi, kami mengimbau untuk kepada seluruh pegawai tidak berpose dengan menggunakan tanda-tanda jari,” kata Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I, Made Suprateka, saat dihubungi, Selasa (6/8/2019).

Foto yang ramai beredar itu sendiri diambil setelah pilpres. Tepatnya di depan tenda pameran PLN saat acara Sejuta Rooftop KESDM di Monas pada 28 Juli 2019.

“Foto ini dibuat jauh setelah pengumuman presiden terpilih,” ungkap Made. detik

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here