PM Thailand Beserta 15 Menteri Sumbangkan Tiga Bulan Gaji Mereka untuk Warga Terdampak Covid-19

494
Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha

Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha menyumbangkan tiga bulan gajinya untuk membantu warga yang terkena dampak pandemi Covid-19.

Prayut mengumumkan sumbangannya selama pertemuan Pusat Administrasi Situasi Covid-19 (CCSA) secara virtual pada Jumat (9/7).

Menurut Bangkok Post, Prayut menerima gaji bulanan sebesar 75.590 baht dan tunjangan 50 ribu per bulan. Selama sebulan, ia mendapat 125.590 baht. Sehingga total gaji Prayut selama tiga bulan mencapai 376.770 baht.

Setidaknya 15 pejabat tinggi lainnya, mulai dari wakil perdana menteri, menteri, dan wakil perdana menteri yang sudah menyatakan niat untuk memberi sumbangan serupa.

Menteri Perdagangan Jurin laksanawisit yang juga pemimpin partai demokrat pada Jumat mengatakan pejabat menteri dari partainya bersedia menyumbangkan gaji mereka untuk membantu warga yang terkena Covid-19.

Wakil Menteri Pertanian Thamanat Prompow, yang juga sekretaris jenderal Partai Palang Pracharath (PPRP), mengatakan para menteri dari partainya juga akan menyerahkan tiga bulan gaji mereka untuk membantu penanganan Covid-19.

Menteri Transportasi Saksayam Chidchob dari Partai Bhumjaithai juga mengumumkan bahwa partainya akan bergabung.

Menurut Ketua DPR Chuan Leekpai, keputusan untuk menyerahkan gaji sebagai sumbangan adalah hak dari setiap pejabat. Ia juga mengungkap, banyak anggota parlemen yang menggunakan gaji mereka untuk membantu warga selama pandemi.

Bahkan beberapa menyumbangkan uang mereka sendiri untuk membagikan makanan, air minum, dan masker kepada warga.

“Bantuan yang diberikan para anggota parlemen ini kepada masyarakat lebih banyak daripada uang, tetapi mereka yang ingin menyumbang harus merasa bebas melakukannya. Itu hal yang baik,” ujarnya.

Sumber Berita / Artikel Asli : rmol

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here