Pilar Kereta Cepat Jakarta Bandung Dibongkar, Komisi V DPR RI: Tidak Profesional dan Patut Dipertanyakan!

605
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus turut menanggapi pembongkaran pilar (pier) proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) yang sempat viral di media sosial.

Menurut Lasaruspembongkaran pilar dalam proyek ini menimbulkan tanda tanya besar di kalangan publik.

Bahkan publik menilai pemerintah tak mampu dalam mengawasi proses konstruksi terhadap sebuah proyek strategis nasional.

Lasarus mengatakan bahwa adanya ketidaksimetrisan pembangunan pilar yang sudah berlangsung lama adalah sebuah bentuk ketidakprofesionalan dalam pengerjaan proyek.

“Tentu itu tidak profesional, patut dipertanyakan kapasitas yang mengerjakan konstruksi itu,” ujarnya pada wartawan Kamis, 9 Desember 2021.

Politikus satu ini melanjutkan, kontruksi tersebut seharusnya sesuai dengan target dan perencanaan yang ada.

Bukan usai dibangun lalu dirobohokan karena kurang teliti dalam memperhitungkan semuanya.

“Seharusnya kontruksi itu didirikan setelah perencanaannya matang, dengan perhitungan teknis yang tepat. Harusnya tidak perlu terjadi itu kontruksinya,” pungkasnya.

Viral video di media sosial, khususnya Twitter soal kecelakaan pada proses kontruksi merobohkan pilar (pier) proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat.

Dalam video yang dibagikan oleh akun Twitter @AlBurhanCenter pada Rabu, 8 Desember 2021, tampak dua alat berat ekskavator tertimpa beton tiang kereta cepat yang sedang dihancurkan.

Kejadian tersebut terjadi saat kontruksi pembongkaran pier untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang dikerjakan oleh para kontraktor tanpa standar operasi kontruksi yang benar. Alhasil, pembongkaran menimpa ekskavator.

Menurut penelusuran Galamedia, kecelakaan ini terjadi di DK 46, Teluk Jamber, Kabupaten Karawang pada Minggu, 5 Desember 2021 lalu.

“Pekerjaan yg sia2. Pembongkaran Pier Kereta Cepat Indo-China (KCIC), konon ktnya salah koordinat. Entah ada brp titik Pier yg dibongkar kerjaan triliunan Prestasi luar biasa,” tulis akun yang membagikan video 30 detik itu.

Sontak video tersebut viral bahkan telah ditonton oleh lebih dari 330 ribu pengguna Twitter dan dikomentari puluhan ribu warganet. ***

Sumber Berita / Artikel Asli : Galamedia

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

+ 10 = 12