Pesawat Berganti Warna, Bagaimana Warna Jiwamu Pemimpin ?

411
Jokowi, Pesawat RI

Merah Putih dijadikan alasan mengubah warna pesawat kepresidenan sesuai bendera RI katanya. Awalnya biru mempesona bak langit dirgantara Indonesia. Dan kalau sudah begitu nilai argumentatif menjadi sia-sia karena tidak ada sayembara tetap memakai warna yang sama (meski dicat ulang) atau ganti warna. Dan kalau ganti pilihan warnanya apa ?

Mayoritas rakyat setuju waktu pesawat itu dibeli. Bikin bangga. Tapi ganti warna tak jelas padahal itu pesawat asset negara milik rakyat bukan perseorangan.
Karena bila sudah dicat ya disesali pun tak lagi berarti.

Kecurigaan publik selain soal biaya yang tak elok ditengah pandemi sangat serius ini juga suasana moralitas yang mengiringi pergantian warna itu, karena kalau hanya tentang bendera dapat diplot dekat samping pintu masuk dengan ukuran proposional dicat sebagaimana layaknya wujuk bendera Merah Putih.

Jauh lebih penting dan krusial ditengah carut marut kepemimpinan negeri ini dengan super egonya masing-masing para pemangku kepentingan kelompok, adalah hilangnya warna persatuan dan kesatuan yang hakiki, yakni semangat keyakinan dan kepercayaan pada ‘satu pintu’ kepemimpinan yang berwibawa, berkecerdasan dan berkemampuan dengan jelas dan tegas.

Indikasi terberat dan terburuk adalah penggunaan keuangan negara berbasis hutang yang sangat besar namun tak menunjukan kualitatif tanggung jawab dimana secara transparan rakyat turut merasakannya. Dan kini secara politik semakin menimbulkan seribu satu pertanyaan dengan merebaknya baliho-baliho politisi yang notabene termasuk lingkaran dalam kekuasaan.

Bila ranah tanah air ini terus menerus hanya menjadi ajang pertarungan kepentingan secara ‘vulgar’ niscaya segala empati dan simpati rakyat kepada pemerintahan yang bergulir akan meredup, senyap dan lenyap hingga suatu perubahan bersifat revolusioner merubahnya.

Seandainya masih ada waktu dan belum terlambat maka adalah baik untuk melakukan introspeksi diri akan kesanggupan menangani permasalahan negeri tercinta ini, jadilah ksatria yang berani mempertanyakan pada diri sendiri, bila pesawat berganti warna, bagaimana dengan warna jiwamu pemimpin…

Adian Radiatus

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here