Penutupan Jalan Berujung Kisruh, Fahri Hamzah: Jangan Asal, Ada yang Tetap Kerja untuk Nyawa Orang Lain

262
Fahri Hamzah

Mantan Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah turut menyoroti munculnya kekisruhan penutupan jalan di masa pemberlakukan PPKM Darurat saat ini.

Fahri Hamzah pun memberikan saran kepada para petugas di lapangan yang mengawal kebijakan penutupan jalan di sejumlah titik demi menekan infeksi Covid-19 di Indonesia.

Saat ini berbagai elemen ramai-ramai mengkritik langkah pemerintah melakukan penutupan jalan karena menganggu masyarakat yang masih harus bekerja.

Beberapa titik ruas jalan di sejumlah daerah yang kini dijaga ketat aparat kepolisian dan TNI pun terlaporkan mengalami kemacetan sangat parah akibat kebijakan penyekatan itu.

Selain itu, banyak pengendara yang mengaku bingung dengan kebijakan penutupan jalan karena meski sudah menunjukan surat tugas dari kantornya justru tetap diputarbalikan.

Penutupan jalan merupakan salah satu poin di aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk mengurangi mobilisasi warga saat Covid-19 mengganas.

Keputusan menerapkan PPKM Darurat itu sebelumnya diumumkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kamis, 1 Juli 2021 dan disiarkan di kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Dalam kebijakan PPKM Darurat yang mulai berlaku 3 Juli 2021 hingga 20 Juli 2021 ini pemerintah membuat aturan lebih ketat dalam berbagai sektor khususnya di Jawa dan Bali.

Dari penjelasan pemerintah, PPKM Darurat yang kini berlaku di wilayah Jawa dan Bali ini memiliki perbedaan signifikan dibanding dengan aturan sebelumnya yakni PPKM Mikro.

Selain memperketat aturan mengenai perdagangan hingga penutupan area tempat ibadah, baik masjid, gereja, pura, dan lainnya, pemerintah juga mengawasi perjalanan orang.

Jokowi pun telah menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan atau LBP untuk memimpin PPKM Darurat di Jawa, dan Bali.

Bapak-bapak yang bertugas di jalan, terima kasih semoga sehat. Semoga lebih baik dari kemarin ya. Kasih jalan kepada tenaga kesehatan,” tulis mantan Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah di akun Twitter-nya @Fahrihamzah, Selasa, 6 Juli 2021, dikutip Pikiran-Rakyat.com.

Jangan asal tutup sebab sebagian orang tetap kerja untuk nyawa orang lain,” sambungnya.

Kemarin banyak yang terlambat kerja karena jalan ditutup.#HariKe4,” cuit Fahri Hamzah menambahkan.

Dalam cuitannya yang lain, Fahri hamzah pun mempertanyakan kekompakan antara pemerintah pusat dan daerah dalam menerapkan aturan.

Rakyat bingung kenapa sih gak kompak aja bikin aturan. Kalau mau lockdown boleh aja tapi direncanakan,” tulis Fahri Hamzah.

Biar orang sempat dulu beresin hajat dan kebutuhan rumah tangga. Jadi tolonglah, kompaklah,” sambungnya.

Bikin rapat bareng. Mau pusat mau daerah rakyat gak mau tau yang penting selamat,” cuit Fahri Hamzah melanjutkan.***

Sumber Berita / Artikel Asli : Pikiran Rakyat

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here