Pantes TKA China mulus masuk Indonesia lagi, PKS: Berat..berat..berat

428
TKA CHINA

Politikus PKS, Mardani Ali Sera mengkritik kenapa Tenaga Kerja Asing (TKA) masih terus masuk ke Indonesia di masa PPKM terbaru ini. Menurutnya kebijakan TKA masuk ke Indonesia itu bertentangan dengan PPKM. Apalagi beberapa waktu lalu, pemerintah sudah teken aturan TKA dilarang masuk Indonesia. Terbaru ada 34 TKA China mulus masuk Indonesia lho.

Mardani heran banget kenapa TKA dikasih ruang terus menerus. Dia meminta pemerintah sebaiknya fokus memikirkan nasib rakyat Indonesia saja dibanding ngurusin TKA.

TKA masuk Indonesia lagi

Mardani Ali Sera PKS. Foto: Ist.
Mardani Ali Sera PKS. Foto: Ist.

Mardani meminta pemerintah untuk memastikan kesejahteraan rakyat Indonesia bisa terenuhi dengan perpanjangan PPKM Level 4 sampai 16 Agustus 2021. Anggota DPR ini menyebutkan pemerintah jangan lupa dengan pedagang sampai PKL.

“Perlu benar-benar jaga kesejahteraan masyarakat kecil. Kasihan sekali penderitaan warteg, tukang becak, hingga tukang porter,” kata Mardani dikutip dari Suara.com, Selasa 10 Agustus 2021.

Menurutnya dalam perpanjangan PPKM Level 4 sampai pertengahan Agustus ini, rakyat kecil mesti mendapatkan program yang menyentuh kebutuhan mereka.

Nah Mardani lantas menyinggung tuh, kok TKA datang lagi masuk Indonesia, di tengah perpanjangan PPKM.

“Berat, berat dan berat. Tapi jika TKA terus dibuka sementara PPKM terus berjalan, sangat tidak jelas kepemihakan pemerintah,” katanya.

TKA dilarang masuk RI

Menkumham Yasonna Laoly
Menkumham Yasonna Laoly. Foto Kemenkumham.go.id

Sebanyak 34 tenaga kerja asing (TKA) asal China kembali masuk ke Indonesia pada Sabtu kemarin. Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Arya Pradhana Anggakara menuturkan 34 TKA China itu merupakan pemegang izin tinggal terbatas (ITAS) yang telah memenuhi aturan Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

Arya juga menerangkan kalau mereka sudah mengantongi izin masuk. Menurutnya, TKA tersebut menumpang pesawat Citilink dengan kode QG8815 yang membawa 37 penumpang dengan rincian 34 WNA dan 3 orang WNI dan mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Adapun pesawat itu juga membawa 19 awak alat angkut yang seluruhnya merupakan WNI.

“Mereka telah lolos pemeriksaan kesehatan oleh KKP Soetta, lalu diberi rekomendasi untuk diizinkan masuk Indonesia,” kata Arya dalam keterangan tertulisnya, dikutip Suara.com.

Arya mengatakan kemudian TKA China itu diperiksa keimigrasian dan diketahui semua pemegang ITAS sehingga masuk dalam kategori orang asing yang diizinkan masuk sesuai Peraturan Menkumham 27 Tahun 2021.

Sebelumnya Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly mengatakan aturan TKA tak bisa masuk ke Indonesia lagi tertuang dalam Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham) Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pembatasan Orang Asing Masuk ke Wilayah Indonesia Dalam Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat.

Permenkumham ini sekaligus menggantikan Permenkumham Nomor 26 Tahun 2020 tentang Visa dan Izin Tinggal Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru.

Aturan ini hadir berkat kerja sama dengan Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Perhubungan.

Dalam aturan itu, Yasonna mengatakan, TKA yang mengisi proyek strategis pun terlarang masuk Indonesia lho.

“Tenaga kerja asing yang sebelumnya datang sebagai bagian dari proyek strategis nasional atau dengan alasan penyatuan keluarga, kini tak bisa lagi masuk ke Indonesia,” Kata Yasonna soal aturannya Tenaga Kerja Asing masuk Indonesia dalam keterangan persnya dikutip dari Suara.com, Rabu 21 Juli 2021.

Nah dalam aturan terbaru itu, orang asing yang boleh masuk Indonesia di masa pembatasan darurat ini yakni orang asing yang boleh masuk ke Indonesia hanya pemegang visa diplomatik dan visa dinas, pemegang izin tinggal diplomatik dan izin tinggal dinas, pemegang izin tinggal terbatas dan izin tinggal tetap, serta yang tujuan kemanusiaan dan kesehatan.

Untuk penerapan aturan TKA tak bisa masuk Indonesia ini, Yasonna mengatakan di lapangan Kemenkumham akan berkoordinasi dengan Kemenlu dan Kemenhub. Tim lintas kementerian ini akan mengecek status orang asing yang masuk ke Indonesia.

Bila ada diplomat yang mau masuk ke Indonesia dalam rangka tugas, maka Kemenlu akan mengeceknya. Demikian juga orang asing yang masuk ke Indonesia untuk tujuan kesehatan dan kemanusiaan akan dicek dan diperbolehkan masuk ke wilayah RI.

Sumber Berita / Artikel Asli : HOPS

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here