Omicron Jakarta Tembus 252, Alvin Lie: Bagaiman Tanggung Jawab Pengobral Dispensasi Karantina?

484
Alvin Lie

Kasus Covid-19 varian Omicron yang telah menjangkit DKI Jakarta bukan kabar sepele. Data terbaru, Jakarta mencatatkan ada 252 orang terjangkit varian Omicron.

Temuan ini pun turut dikritisi mantan anggota Ombudsman RI, Alvin Lie. Secara khusus, Alvin yang cukup concern atas penanganan pandemi di Indonesia ini mempertanyakan tanggung jawab para pemangku kebijakan dalam menghalau Omicron.

Salah satu yang disinggung adalah terkait kebijakan karantina bagi pelaku perjalanan dari luar negeri.

“Bagaimana pertanggungjawaban para pejabat yang selama ini obral dispensasi karantina? Menyalahgunakan jabatan, membahayakan kesehatan, dan keselamatan publik,” kata Alvin Lie dikutip dari akun Twitternya, Rabu (5/1).

Soal karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri juga sebelumnya sudah ditegaskan Presiden Joko Widodo. Dalam keterangannya, presiden meminta kepada semua pemangku kebijakan untuk tidak memberi ruang dispensasi karantina.

“Saya minta betul, utamanya yang berkaitan Omicron ini adalah karantina bagi yang datang dari luar negeri. Jangan ada lagi dispensasi-dispensasi apalagi yang bayar-bayar itu kejadian lagi,” tegas Jokowi, Senin lalu (3/1).

Berkenaan dengan kebijakan karantina, belakangan memang masih ada perbedaan kebijakan, khususnya bagi para pejabat, di mana pejabat setingkat Eselon I ke atas di lembaga pemerintahan dapat melaksanakan karantina mandiri.

Bahkan, bagi para pejabat yang bukan dalam rangka perjalanan dinas dapat diberikan dispensasi karantina terpusat selama 10×24 jam berupa pengurangan dispensasi karantina.

Sumber Berita / Artikel Asli : rmol

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here