Menunggu 24 Tahun, Puluhan Ribu Warga Petamburan Kini Sah Memiliki Tanah

896

Warga Petamburan mengapresiasi langkah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI di bawah pimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Hal itu karena, Anies telah mencabut Keputusan Gubernur (Kepgub) tentang kepemilikan tanah yang telah mereka tunggu-tunggu 24 tahun lamanya.

Anies Baswedan mengeluarkan Keputusan Gubernur No. 1596 Tahun 2021 tentang Pencabutan Keputusan Gubernur Nomor 122 Tahun 1997 tentang Penetapan Penguasaan Bidang Tanah Seluas +/- 23 Ha untuk Pembangunan Rumah Susun Murah dan Fasilitasnya di Kelurahan Petamburan Kecamatan Tanah Abang Kotamadya Jakarta Pusat.

Menurut salah satu perwakilan Forum Warga Petamburan Wahyu mengaku bersyukur permasalahan tersebut akhirnya selesai di tangan Gubernur Anies. Mereka pun berniat mengundang Anies datang ke syukuran warga.

“Kami memberikan apresiasi kepada Bapak Gubernur dan sekaligus kami mengundang beliau datang ke wilayah kami untuk syukuran karena ini menjadi semacam kebahagiaan yang tidak bisa kami lukiskan,” tutur Wahyu di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat, 7 Januari 2022.

Dia menilai selama ini, gubernur berganti dan anggota DPR pun berganti, warga Petamburan selalu dipersulit untuk meminta bantuan agar Keputusan Gubernur Nomor 122 Tahun 1997 tersebut. Namun, setelah 24 tahun menanti, akhirnya doa dan keinginan mereka terkabul juga.

“Ini mimpi yang menjadi kenyataan buat kami warga Petamburan,” sambungnya.

Dia mengatakan bahwa Anies bersedia mendengarkan aspirasi masyarakat, bahkan ditindaklanjuti dengan mencabut keputusan tersebut. Berbeda dengan Gubernur sebelumnya.

“Alhamdulilah Gubernur kita yang sekarang, Bapak Anies Baswedan mau menerima koreksi dan beliau langsung mengeluarkan pencabutan SK tersebut. Jadi itu kendalanya, sebenarnya semudah itu. Kepgub dikeluarkan gubernur, maka yang merevisi itu ya gubernur. Itulah yang tidak ada di gubernur sebelumnya,” ungkapnya.

Wahyu masih belum tahu kapan acara syukuran warga Petamburan tersebut diadakan. Namun, lanjutnya, bahwa Anies sudah sampaikan akan hadir ke acara tersebut.

Wahyu mengungkapkan dengan terbitnya Kepgub Anies, warga Petamburan kini bisa mengurus 1.123 bidang tanah dari 2.123 bidang tanah yang sudah dipetakan oleh BPN. Total ada 23 hektare tanah yang ditempati oleh puluhan ribu warga terdiri dari 8.000 KK yang terbagi menjadi 8 RW yang bakal mendapatkan sertifikasi lahan. (kba)

Sumber Berita / Artikel Asli : KBANEWS

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here