Menerka Maksud Pengakuan Anwar Abbas Diingatkan Jokowi Jangan Ngomong Keras

390

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (Waketum MUI) Anwar Abbas mengungkapkan bahwa dirinya diingatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) jangan berbicara keras-keras.

Lalu apakah maksud Anwar Abbas mengungkap pembicaraan dengan Jokowi itu?

“Biar publik tahu kalau Anwar Abbas diminta tak lagi keras bicara,” kata Direktur Eksekutif lembaga survei Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno kepada wartawan, Sabtu (11/12/2021).

Adi menilai Jokowi mengingatkan Anwar Abbas agar tak bicara keras-keras itu harusnya hanya menjadi pembicaraan kedua belah pihak. Sebab, menurut dia, tak elok presiden meminta Anwar Abbas tak bersuara keras.

“Kacaunya lagi, Anwar Abbas bocor mengungkap pernyataan Jokowi yang minta dirinya tak bersuara keras. Mestinya itu off the record. Karena tak elok presiden minta Anwar Abbas tak bersuara keras. Ini malah dibocorin ke publik,” katanya.

Menurut Adi, Jokowi mengingatkan Anwar Abbas tak bicara keras lantaran ada yang terganggu dengan suara lantang Anwar Abbas. Terlebih, kata dia, kritik Anwar Abbas terhadap pemerintah dan Menteri Agama, Yaqut Cholis Quomas.

“Sepertinya ada yang terganggu dengan suara lantang Anwar Abbas yang selama ini sering kritik pemerintah dan Menteri Agama,” sebut dia.

Lebih lanjut, Adi menilai kritikan keras di tengah pandemi Corona ini berpotensi memicu kegaduhan. Karena itulah, kata Adi, ada kesan dalam permintaan Jokowi itu agar Anwar Abbas mengurangi dosis kritikannya.

“Apalagi di tengah pandemi kritik keras bisa memicu kegaduhan. Ada kesan Anwar Abbas diminta mengurangi dosis kritiknya,” katanya

Pengakuan Anwar Abbas
Anwar Abbas sebelumnya mengungkap bahwa dirinya diingatkan oleh Jokowi jangan berbicara terlalu keras. Namun Anwar Abbas meyakini bahwa Jokowi adalah orang yang kebal terhadap kritik.

“Tadi saya diingatkan Pak Jokowi, ‘Pak Anwar Abbas, ngomong-nya jangan keras-keras, Pak’. Apalagi tadi ketika bertemu dengan Menteri Agama, ya berapa teman langsung mengambil momen gitu kan. Saya rasa Pak Presiden sama Pak Menteri Agama adalah orang yang sudah kebal ya, bagi beliau kritik itu…,” kata Anwar Abbas dalam sambutannya di acara Kongres Ekonomi Umat Islam II melalui siaran YouTube MUI, seperti dilihat Jumat (10/21).

Anwar Abbas menyampaikan hal itu di hadapan Jokowi, yang juga hadir dalam acara tersebut. Anwar Abbas menyebut bahwa dirinya masih menyimpan foto makan bersama dengan Jokowi.

“Dan saya tadi malam, Pak Presiden, ketemu foto kita berdua makan siang soto di kantor PP Muhammadiyah. Waktu itu Pak Presiden masih jabatan Gubernur DKI Jakarta, dan itu masih saya simpan,” kata dia.

Sumber Berita / Artikel Asli : Detik

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

34 + = 44