Megawati nangis sesenggukan Gus Dur tega banget, Rizal Ramli auto duh bahaya ini

373
Megawati dan Gus Dur. Foto Instagram @ruangpersatuan

Ada banyak cerita dalam proses jatuhnya Presiden Gus Dur atau Abdurahman Wahid lho dua dekade lalu. Salah satunya yang baru ini terungkap yakni Megawati Soekarnoputri nangis tersedu-sedu sesenggukan di depan Rizal Ramli. Musababnya Megawati tersinggung dengan perkataan Gus Dur yang ngomongin pribadi putri proklamator tersebut.

Kala itu Rizal menyaksikan Megawati nangis sakit hati tak terima dengan pernyataan Gus Dur. Bukan cuma Mega saja lho yang marah, keluarga inti Megawati juga marah betul dengan pernyataan Gus Dur.

Megawati nangis gegara omongan Gus Dur

Rizal Ramli dan Megawati Soekarnoputri
Rizal Ramli dan Megawati Soekarnoputri. Foto Instagram @presidenmegawati

Mantan menteri Gus Dur, Rizal Ramli mengungkapkan momen Megawati nangis itu terjadi satu purnama sebelum akhirnya Gus Dur lengser.

“Sekitar sebulan Gus Dur jatuh, saya dipanggil Wapres Mega ke kantor wapres waktu itu, di situ Mega nangis tersedu-sedu sampai sesenggukan, dia bilang Rizal aku nggak terima apa yang dikatakan mas Dur (panggilan untuk Gus Dur). Masa mas Dur tega ngomong tentang saya,” ungkap Rizal soal Megawati nangis pribadinya diomongin Gus Dur dikutip dari Youtube Refly Harun.

Rizal Ramli enggak mendetailkan soal pribadi Megawati apa yang disinggung Gus Dur.

Lantaran sakit hati pribadinya dibawa-bawa, Megawati mengatakan kepada Rizal, tak terima dengan omongan Gus Dur yang dimaksud.

“Pokoknya mas Dur kalau nggak mau minta maaf aku nggak peduli. Pak Taufik, Puan marah sekali, mas Dur harus minta maaf, kalau nggak saya mau nggak belain lagi,” kata Mega kala itu sebagaimana diceritakan Rizal.

Mega mengatakan kepada Rizal, tanpa peran darinya sebagai Wakil presiden, Gus Dur sudah lengser duluan lho. Sebab saat di sidang DPR, Mega mendukung dan akhirnya Gus Dur lolos dari sidang interpelasi di DPR.

“Ingat nggak interpelasi I saya belain di DPR, kalau nggak segera minta maaf dalam waktu dua minggu ini, aku nggak peduli ada interpelasi II, aku ngerti duh ini bahaya,” kata Rizal bercerita.

Melihat situasi Gus Dur bisa jatuh, Riza berinisiatif mengontak orang-orang dekat Gus Dur, untuk membujuk kiai ini agar minta maaf ke Megawati. Rizal telepon Alwi Shihab suruh menghadap ke Istana.

Bujuk rayu Gus Dur minta maaf

Gus Dur. Foto: Instagram/Potret.ulama
Gus Dur. Foto: Instagram/Potret.ulama

Datanglah Alwi ke Istana dan menyampaikan Gus Dur mesti minta maaf ke Megawati. Tapi mentah, Gus Dur ogah minta maaf karena merasa dia benar kok.

Upaya Alwi gagal, Rizal minta putri Gus Dur, Yenni Wahid menghadap ke Istana menemui Gus Dur. Gagal lagi. Gus Dur ogah minta maaf.

Lantaran situasi makin kalut, Rizal Ramli akhirnya datang sendiri menghadap Gus Dur, pada malam hari setelah sore siang bujukan ke Gus Dur gagal.

Rizal yang mengaku sangat dekat dengan Gus Dur pun mulai membujuk Presiden supaya mau minta maaf.

“Hubungannya saya dengan Gus Dur sudah seperti teman, seperti bapak anak, saya bilang Gus Dur harus minta maaf, saya bujukin dia, saya rangkul. Gus, kita nggak usah ikut campur deh urusan yang bukan urusan negara. Tapi Gus Dur nggak mau, akhirnya berjalan proses itu termasuk tank Kostrad dikerahkan ke depan, moncongnya kan tertuju mengatah ke Istana,” kata Rizal.

Situasi politik konflik itu Gus Dur dan Megawati serta sinyal dari tentara itu langsung bergulir manuver politik.

“Itu (tank Kostrad mengarah ke Istana) ‘kudeta kagak langsung’. Politisi sipil melihat begini, selain DPR dibubarin, dapat sinyal tentara Kostrad arahkan tank arahnya ke Istana, mulailah proses Gus Dur jatuh,” kata dia.

Sumber Berita / Artikel Asli : HOPS

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here