Megawati Ingin Sapu Bersih Dukung Bamsoet Ketua MPR RI, Gerindra Nggak Usah Dikasi, tapi…

370

JAKARTA – Terjawab sudah teka-teki kepada siapa dukungan yang diberikan PDIP dalam perebutan kursi Ketua MPR RI periode 2019-2014.

Dari kedua nama, PDIP menyatakan tegas mendukung Bambang Soesatyo, ketimbang Ahmad Muzani.

Demikian disampaikan Ketua DPP PDIP, Ahmad Basarah kepada wartawan di komplek Parlemen, Senyan, Jakarta Pusat, Rabu (2/10/2019).

“Sesuai arahan Ketua Umum PDIP Ibu Megawati Soekarnoputri, partai kami akan mendukung Bambang Soesatyo dari Fraksi Partai Golkar sebagai calon Ketua MPR,” ungkap Basarah.

Anak buah Megawati Soekarnoputri itu menyampaikan, ada sejumlah pertimbangn atas keputusan tersebut. Salah satunya, demi tegaknya demokrasi Pancasila.

Yang salah satu cirinya adalah pemenang pemilu berbagi kekuasaan dengan parpol peserta pemilu lainnya.

“Karena Ketua DPR sudah dipimpin oleh kader PDI Perjuangan dan jabatan Presiden yang juga dijabat oleh kader PDI Perjuangan,” jelasnya.

Basarah juga menyampaikan bahwa kendati PDIP sebagai pemenang pemilu, tetap akan memberikan kesempatan kepada parpol lainnya.

“PDIP meyakini bahwa semangat demokrasi Pancasila bukanlah the winner take all (pemenang pemilu mengambil semua),” lanjutnya.

Akan tetapi, Basarah juga menegaskan bahwa dukungan partai berlambang kepala banteng hitam kepada Bamsoet itu tidak ‘gratis’.

Salah satunya adalah kesanggupan mengawal betul pemerintahan Presiden Joko Widodo agar berjalan sesuai asas konstitusi.

“PDI Perjuangan juga meminta Bamsoet mendukung kelanjutan rencana amandemen terbatas UUD 1945 untuk hadirkan haluan negara melalui ketetapan MPR,” pungkasnya.

Untuk diketahui, jika benar nantinya Bambang Soesatyo menduduki kursi Ketua MPR RI, maka koalisi pemerintah akan total menguasai parlemen.

Sebelumnya, kursi Ketua DPR RI resmi didapat PDIP melalui Puan Maharani.

Sedangkan kursi Ketua DPD DR dijabat La Nyalla Matalitti yang merupakan pendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf di pilpres lalu.

(ruh/pojoksatu)

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here