Massa demo di depan makam Vanessa Angel tolak Doddy Sudrajat pindahkan jenazah anaknya

278
Ribuan Warganet Dukung Demo Penolakan Pembongkaran Makam Vanessa Angel

Puluhan massa peserta aksi dari Barisan Ksatria Nusantara (BKN) Jakarta melakukan aksi demo di depan maam mendiang Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah. Mereka menolak rencana Doddy Sudrajat yang akan membongkar dan memindahkan makam almarhumah anaknya dari TPU Malaka, Jakarta Selatan.

Aksi tersbut dijaga oleh sejumlah aparat kepolisian. Koordinator aksi Ahmad Qaiz mengatakan “Kami dari BKN, elemen mahasiswa, dan masyarakat biasa bergerak untuk menggalang aksi kemanusiaan untuk menolak pembongkaran makam Vanessa Angel yang akan dilakukan saudara Doddy Sudrajat,” kata Ahmad Qaiz seperti yang dikutip Hops.ID dari kanal Youtube Sambel Lalap pada Sabtu, 12 Februari 2022.

Ahmad Qaiz mengatakan alasan penolakan pemindahan makam karena dikhawatirkan akan berdampak negatif untuk jenazah jika dipandang dari sudut pandang agama Islam.

“Ketika membicarakan pembongkaran makam itu sudah membicarakan mayit yang ada di dalamnya. Mayit yang baru meninggal saja kita harus benar-benar jaga ketika memandikannya kita harus benar-benar pelan-pelan. Apalagi, ketika sudah dimakamkan terus tiba-tiba kita memindahkannya kembali itu akan menyakiti itu apabila dari sudut pandang agama,” ujarnya.

Aksi penolakan karena tak ada alasan yang mendesak untuk pemindahan makam

Selain itu, menurut Ahmad Qaiz jika dipandang dari sisi hukum yang berlaku pemindahan makam hanya bisa dilakukan jika untuk kepentingan forensik atau ketika ada bencana alam. ”Kita akan selalu mengawal secara berkelanjutan sampai benar-benar Pak Doddy (Sudrajat) menyatakan tidak akan jadi membongkar makam Vanessa Angel,” tegasnya.

Haji Faisal pasrah bila makam Vanessa Angel berhasil dipindahkan Doddy Soedrajat (Lucky Nur Hidayat)

 

Dia mengungkapkan jika Ketua Umum BKN, Gus Rofi’i telah mendeklarasikan, selama dia masih hidup tidak akan mungkin makam Vanessa Angel akan dipindahkan. ”Aksi murni dari kami sendiri tidak ada komunikasi (dengan Haji Faisal) ini aksi kemanusiaan kami sendiri. Kami hanya meminta izin kepada kepolisian dan pengelola TPU agar tak terjadi kemacetan,” ujarnya.

BKN meminta Doddy Sudrajat tak mencari pamor dengan menggulirkan rencana pemindahan makam

Dia juga meminta agar Doddy Sudrajat tak lagi mencari pamor dengan rencana pemindahan makam. ”Selama BKN masih ada kami akan mengawal agar makam tak bisa dipindahkan. Kami yakin 100 persen kami akan terus memantau dan akan kami pastikan tidak ada regulasi yang ditabrak (oleh pihak Doddy),” tandasnya.

 

Keluarga mendiang Bibi Andriansyah menolak pemindahan makam

Seperti diberitakan sebelumnya, jika keluarga mendiang suami Vanessa Angel, Bibi Andriansyah menentang keras pemindahan makam yang akan dilakukan Doddy Sudrajat.

Ini karena mereka tidak mau memisahkan makam dan jenazah anak dan menantunya. Selain itu, mereka juga sudah merasa sang anak dan menantu sudah tenang di alam kubur, sehingga tak perlu lagi untuk mengusiknya.

”Buat saya, anak saya, kita sudah nyaman disini. Satu aja (yang dipindahkan jika jadi). Tetap disini Febri (panggilan Haji Faisal untuk Bibi),” kata Haji Faisal seperti yang dikutip Hops.ID dari kanal Youtube Seleb Oncam News pada Senin, 7 Februari 2022 .

Selain itu, Haji Faisal beranggapan bahwa jarak yang dekat antara makam mendiang anaknya dengan kediamannya, akan memudahkan cucunya, Gala Sky Andriansyah atau keluarganya saat akan berziarah.

“Dan juga rumah kan dekat disini kalau dia (Gala) mau berziarah ke makam orang tuanya menurut kami dekat banget, pagi-pagi dia bisa kesini, kapanpun dia bisa kesini,” jelasnya.

Pihak Doddy Sudrajat berisikeras pindahakan Makam Vanessa Angel ke Pemakaman Karet Bivak

Sementara pihak Doddy Sudrjat berisikeras akan memindahkan makam Vanessa Angel dengan alasan ingin memenuhi wasiat almarhumah. Rencana itu rupanya juga merupakan keputusan dari rapat keluarga besar mereka.

Namun, selain ditentang keluarga mendiang suami Vanessa Angel, pihak pengurus makam asal TPU Swadarma dan pengurus makam tujuan Pemakaman Karet Bivak mengungkapkan jika pemindahan makam diperkirakan akan sulit dilakukan.

Ini karena ada dua persyaraatan untuk memindahkan makam. Pertama adanya persetujuan keluarga dan yang kedua, makam harus sudah ada minimal dalam jangka waktu tiga tahun.

Sementara makam mendiang Vanessa Angel yang berada satu liang lahat dengan mendiang suaminya Bibi Andriansyah masih baru ada sekitar 3 bulan.

Untuk diketahui, setelah meninggal akibat kecelakaan, mendiang Vanessa Angel dan suaminya Bibi Andriansyah dimakamkan dalam satu liang lahat di TPU Swadarma atau juga sering disebut TPU Malaka yang berada di Jl. Swadarma Raya No.191, RT.7/RW.8, Ulujami, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan pada Jumat, 5 November 2021 silam.***

Sumber Berita / Artikel Asli : Pikiran Rakyat

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here