Mahfud MD Ungkap Pentingnya Kerja Sama Ulama dengan Pemerintah: Ulama Bisa Beri Nasihat

325
Mahfud MD

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD menyampaikan bahwa kerja sama antara ulama dengan pemerintah, TNI, Polri, dan Kemenko Polhukam merupakan hal yang sangat penting.

Dalam pandangan Mahfudulama mampu memberikan bimbingan moral untuk masyarakat maupun pemerintah.

Selain itu, ulama dinilainya sangat penting untuk menjaga negara.

Pernyataan soal pentingnya ulama ini disampaikan Mahfud dalam forum silahturahmi antara pemerintah dan tokoh lintas agama yang digelar organisasi wadah tarekat-tarekat di dunia, Jami’iyyah Ahlith Thariqah al- Mu’tabarah an-Nahdiliyyah (Jatman).

“Jadi di sini menjadi terlihat betapa ulama, dan umaro, TNI, Polri, Kemenko Polhukam dan pemerintah pada umumnya bekerjasama dengan ulama menjadi penting,” ujarnya dalam keterangan resmi dilansir Galamedia Jumat, 19 November 2021.

Mahfud mengatakan, hubungan pemerintah dan ulama juga berfungsi untuk menjaga urusan-urusan keagamaan di Tanah Air.

Contohnya saja, kata dia, seperti kebebasan beribadah bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dalam forum yang digelar organisasi pimpinan ulama terkemuka Nahdlatul Ulama (NU) Habib Luthfi bin Yahya tersebut, Mahfud juga membeberkan bahwa ulama memiliki fungsi sebagai jembatan antara pemerintah dan masyarakat.

Kata Mahfud, saat masyarakat dan pemerintah memiliki pandangan berbeda terkait kebijakan, ulama dapat memberikan nasihat untuk kedua belah pihak.

“Di sini peran ulama menjembatani antara pemerintah dan rakyat yang kadangkala itu ada perbedaan, antara kebijakan dan tanggapan rakyat,” ungkapnya.

Lebih jauh, Mahfud pun mengajak para ulama untuk bekerja sama dengan pemerintah.

Selain itu, Mahfud mempersilahkan masyarakat untuk mengkritik pemerintah. Namun, tetap masyarakat harus memberi kesempatan pemerintah untuk menjawab kritikan.

“Kritik menuju jalan kebaikan. Silahkan kritik pemerintah, kita tidak pernah anti kritik, tetapi beri kesempatan juga bagi pemerintah untuk menjawab kritik dengan data,” pungkasnya. ***

Sumber Berita / Artikel Asli : Galamedia

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

33 − 23 =