Mahfud MD Sebut Kapal China Mundur saat Jokowi ke Laut Natuna, Gus Umar: Presiden Pulang Mereka Datang Lagi

334
Tokoh NU, Gus Umar. /Twitter @Umar_Chelsea_75

Belum lama ini, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD menegaskan bahwa pemerintah terus melakukan penguatan pertahanan di Laut Natuna.

Mahfud MD menyebut bahwa banyak kapal dan perahu asing masuk melalui jalur Laut Natuna, baik itu yang berbendera maupun tidak berbendera.

Menurut Mahfud MD, saat dirinya dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) datang ke Laut Natuna pada awal 2020 lalu, kapalkapal China yang sedang berada di sana, langsung bergerak mundur.

Pernyataannya tersebut dilontarkan saat berada di atas Kapal KRI Semarang dalam perjalanan menuju Pulau Laut, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau pada Selasa, 23 November 2021.

Menanggapi pernyataan sang menteri, tokoh Nahdlatul Ulama, Gus Umar Hasibuan pun turut memberikan komentar dengan nada sindiran melalui akun Twitter-nya @UmarHasibuan75.

Ketika presiden pulang mrk datang lagi,” katanya seperti dikutip Pikiranrakyat-Depok.com pada Jumat, 26 November 2021.

Cuitan tokoh Nahdlatul Ulama (NU), Umar Hasibuan atau Gus Umar.
Cuitan tokoh Nahdlatul Ulama (NU), Umar Hasibuan atau Gus Umar. Tangkap layar Twitter.com/@UmarHasibuan75.

Sebelumnya, Mahfud MD mengatakan bahwa penguatan pertahanan di Laut Natuna dilakukan untuk mengantisipasi adanya gangguan di perairan tersebut yang berdekatan dengan Laut China Selatan.

Adapun penguatan pertahanan itu, lanjut dia, dilakukan dengan memperkuat pertahanan di laut, darat, dan udara.

Selain itu, Mahfud MD menambahkan bahwa pemerintah juga akan melakukan pengaturan kepada pemangku kepentingan di bidang kelautan dalam menangani gangguan yang muncul dari luar.

Hal itu, menurut Mahfud MD, menjadi bukti bahwa negara berkomitmen untuk mengelola kawasan perbatasan, terutama wilayah pulau-pulau kecil terluar (PPKT) di Indonesia.***

Sumber Berita / Artikel Asli : Pikiran Rakyat

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

23 − = 13