KSP Sebut Event WSBK Berhasil Meski Ada Genangan, Sirkuit Mandalika Kembali Disiapkan untuk Ajang MotoGP

261
Sirkuit Mandalika

Albertien Pirade selaku Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP) sudah melakukan pengamatan lapangan terhadap sirkuit Mandalika selaku tempat diselenggarakannya ajang balap WSBK 2021.

KSP dalam hal ini mengapresiasi kesuksesan dalam pergelaran WSBK di Sirkuit Mandalika sejak 19 hingga 21 November 2021.

Event internasional ajang balap WSBK ini menurut KSP sudah berjalan dengan baik secara keseluruhan sesuai target.

Namun masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu dibenahi guna kelacaran pada ajang balap selanjutnya, yaitu MotoGP.

Pasalnya, ajang balap internasional MotoGP merupakan event lima kali lebih besar ketimbang ajang balap WSBK.

“Kami melihat event ini berhasil sesuai target pemerintah, penonton mencapai target 25 ribu orang. Namun untuk event yang lebih besar seperti MotoGP, ada beberapa hal yang perlu diperbaiki. Dengan waktu persiapan yang singkat selama 3 bulan, KSP akan mendukung penuh proses perbaikannya,” ujar Tenaga Ahli KSP, Albertien Pirade, sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari Antara.

Catatan penting untuk kemudian dibenahi oleh pihak terkait di Sirkuit Mandalika, menurut Albertien yaitu mengenai drainase.

Infrastruktur drainase di Sirkuit Mandalika perlu diperbaiki karena terlihat adanya beberapa titik genangan air.

“Air menggenang di beberapa titik, namun bukan di lokasi yang vital yang dapat mengganggu jalannya pertandingan,” ujarnya.

Kendati demikian, ia sudah melihat metode pencegahan terkait genangan air yang terjadi di kawasan Sirkuit Mandalika.

“Namun, kami melakukan verifikasi lapangan di posko PLN dan melihat sejauh ini PLN sudah menyiapkan pompa menyedot air sehingga asupan listrik tidak akan terganggu,” ucap Albertein.

Adapun catatan dari penyelenggara WSBK dan MotoGp, Dorna Sport terkait sirkuit Mandalika agar dapat optimal dalam ajang balap internasional MotoGP.

“Memang ada beberapa catatan dari pihak DORNA, namun itu tidak menjadi masalah karena WSBK merupakan test event untuk MotoGP. Namun DORNA Sport puas dengan sirkuitnya. Bahkan mulai besok MGPA dan Dorna Sport sudah langsung bekerja mempersiapkan penyelenggaraan MotoGP pada bulan Maret 2022,” ujar CEO Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Ricky Baheramsjah.***

Sumber Berita / Artikel Asli : Pikiran Rakyat

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 + 1 =