Kronologi Baku Tembak 6 Jam, KKB Serang Koramil Suru-suru Satu Prajurit TNI Tewas

588
KKB

Satu prajurit TNI tewas ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pada Sabtu, 20 November 2021. Prajurit yang meninggal akibat luka tembak adalah Sertu Ari Baskoro.

KKB melakukan penyerangan ke Koramil Suru-suru, Kabupaten Yahukimo, Papua. Tewasnya prajurit TNI itu dibenarkan oleh Komandan Kodim 1715 Yahukimo, Letkol Inf Cristian Irreuw.

Dia menyebutkan serangan terjadi sekitar pukul 06.00 WIT dan serangan itu juga menyebabkan Komandan Rayon Militer (Danramil) Suru-suru Kapten Inf Arviandi terluka.

 

“Anggota sudah diperintahkan bersiaga termasuk yang ada di pos-pos guna mengantisipasi penembakan yang dilakukan KKB,” kata Letkol Inf Irreuw, dikutip dari Antara.

Dia juga menyampaikan pelaku penyerangan ke Koramil Sur-suru adalah KKB pimpinan Tendius Gwijangge.

Menurut Dandim, sudah ada informasi KKB akan melakukan penyerangan terhadap kodim dan pos-pos TNI sehingga pihaknya memerintahkan kepada personel untuk bersiaga dan meningkatkan patroli.

“Aksi itu diduga dilakukan jelang 1 Desember 2021 yang dijadikan sebagai ulang tahun Papua Merdeka,” kata Dandim Yahukimo Letkol Inf. Irreuw.

Kronologi KKB tembaki Koramil Suru-suru

Dandim Yahukimo Letkol Inf. Irreuw menuturkan baku tembak antara TNI berlangsung selama 6 jam dari pagi hingga siang hari. Dia menyebut jumlah KKB cukup banyak.

Pada pukul 06.00 WIT, KKB menyerang dan menembaki Koramil Suru-suru yang merupakan koramil persiapan. Baku tembak terjadi hingga pukul 12.00 WIT.

“Jumlah KKB cukup banyak. Namun, berapa perkuatan belum diketahui pasti,” kata Letkol Inf. Irreuw.

Akibat serangan itu, satu prajurit TNI tewas dan satu mengalami luka-luka. Keduanya dievakuasi ke Sentani, Kab. Jayapura.

Kedua korban merupakan anggota Kodam Iskandar Muda Banda Aceh.***

Sumber Berita / Artikel Asli : Pikiran Rakyat

Berikan Komentar Anda

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

64 + = 73